Dua Gerbong Kereta Api Tiba di Makassar Desember 2022

Gerbong kereta lama juga akan digunakan

Makassar, IDN Times - Menjelang pengoperasian proyek kereta api Makassar-Parepare jalur Barru-Maros, PT Sulsel Citra Indonesia selaku operator sarana mulai mempersiapkan sarana. Salah satunya gerbong kereta yang digunakan.

Direktur Utama PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda Sulsel), Yasir Mahmud, menyebutkan dua gerbong akan tiba nanti pada Desember 2022. Sembari menunggu, gerbong lama juga akan digunakan.

"Rapat terakhir kami dengan kementerian, kereta yang ada sekarang itu dulu yang dipakai sambil menunggu datangnya kereta baru di bulan Desember," kata Yasir, Senin (22/8/2022).

1. Persiapan sarana sudah sampai 90 persen

Dua Gerbong Kereta Api Tiba di Makassar Desember 2022Ilustrasi kereta api. (IDN Times/Galih Persiana)

Yasir Machmud mengatakan sejauh ini sarana kereta api sudah siap termasuk operasional dari PT SCI dan KAI sebagai pengelola sarana dari transportasi tersebut. Soal gerbong lama, kapasitasnya akan ditingkatkan untuk dioperasikan di bulan Oktober.

"Sarana selain gerbong semuanya sudah berjalan. Untuk kantor perwakilan PT KAI dan Perseroda di Maros sementara persiapan. Pokoknya sudah 90 persen," kata Yasir.

2. Perseroda kerja sama dengan PT KAI

Dua Gerbong Kereta Api Tiba di Makassar Desember 2022Ilustrasi kereta api (IDN Times/Arief Rahmat)

PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) telah bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam pengelolaan operasional kereta api. Kedua pihak telah menandatangani perjanjian kerjasama pada 19 Juli 2022 lalu.

Dalam operasional kereta api tersebut, Perseroda dan PT KAI saling berbagi. Secara rinci perbandingannya 70 persen PT KAI dan 30 persen Perseroda. 

Keterlibatan PT Sulsel Citra Indonesia diklaim sebagai kali pertamanya di Indonesia di mana BUMD terlibat dalam operasional kereta api.

Baca Juga: Proyek Jalur Kereta Api Makassar Tak Mungkin Direlokasi ke Parepare

3. Kereta api beroperasi Oktober

Dua Gerbong Kereta Api Tiba di Makassar Desember 2022Ilustrasi Infrastruktur (Kereta). IDN Times/Arief Rahmat

Proyek Kereta Api Makassar-Parepare, adalah salah satu Proyek Strategis Nasional, yang ditargetkan rampung pada 2024 mendatang, di mana telah menghubungkan lima kabupaten tersebut. 

Penyelesaian Kereta Api jalur Makassar-Parepare ditargetkan bisa rampung pada 2024. Namun pada Oktober 2022 mendatang, jalur dari arah Barru-Maros sepanjang 71 km rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Setelah diresmikan, pembangunan akan dilanjutkan pada segmen E yakni Maros-Makassar pada 2023. Lalu dilanjutkan lagi dengan jalur Barru-Parepare pada 2024. 

Baca Juga: Polemik Desain Kereta Api Makassar, Luhut: Nanti Dilihat Hasil Kajian

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya