Danny Usul ke Menhub Pembangunan Rel Kereta Api Melayang di Makassar

Menhub sambut positif usulan Danny

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengusulkan agar pembangunan kereta api Makassar Parepare yang melintasi wilayahnya dibuat melayang atau elevated. Menurutnya model itu lebih efektif dibandingkan dengan model at grade atau kereta api di darat.

Danny menyampaikan usulannya secara langsung di hadapan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat acara peresmian rumah sakit PIP Kampus Utama PIP Makassar Jalan Tentara Pelajar, Jumat (27/5/2022).

Danny mengaku bangga karena wilayahnya dilintasi kereta api Trans Sulawesi, apalagi kereta itu nantinya terhubung dengan Makassar New Port. 

"Memang yang saya lihat di desain adalah at grade, kebetulan di situ ada 2.000 hektar kawasan reklamasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PUPR untuk menjadi kawasan kota tingkat I dengan pengembangan kita baru. Sayang kan kota baru itu akan putus kalau tidak elevated," kata Danny dalam sambutannya.

1. Pemkot Makassar siap bebaskan lahan

Danny Usul ke Menhub Pembangunan Rel Kereta Api Melayang di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Jika Kementerian Perhubungan menerima usulan desain elevated, maka Pemerintah Kota Makassar siap dalam hal pembebasan lahan. Hal itu, kata Danny, sudah bisa terlihat saat rencana pembangunan jalan tol di sekitar Makassar New Port di mana masyarakat setuju hanya dalam waktu satu bulan.

Soal gejolak harga, lanjutnya, bukan masalah selama Pemkot Makassar berkomitmen menuntaskan pembangunan yang direncanakan. Dia memastikan bahwa pembebasan lahan akan menjadi urusan Pemkot sepenuhnya.

"Biar pemkot yang urus. Karena kalau seperti itu, banyak yang kasih tanahnya meskipun ada juga yang harus dibebaskan. Ketika Menhub katakan siap elevated, Pemkot siapkan jalurnya. Kami siap," ujarnya.

2. Danny anggap elevated rel lebih efisien

Danny Usul ke Menhub Pembangunan Rel Kereta Api Melayang di MakassarProyek kereta api Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare. (Dok. Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan)

Saat dikonfirmasi kembali soal pernyataan dalam sambutannya, Danny menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan bersurat kepada Kementerian Perhubungan terkait usulannya itu. 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kawasan yang nantinya akan dilintasi kereta api memang sebaiknya dalam mode elevated. Sebab jika tidak, dia khawatir lalu lintas di sana akan putus.

"Kalau di bawah dia putus terus banjir, harus ada kanal. Air kan ke sana. Banyak sekali. Lebih mahal dibandingkan dari tiga kali lipat," katanya.

Baca Juga: Kereta Api Makassar-Parepare Siap Beroperasi di Triwulan IV Tahun 2022

3. Menhub sambut positif usulan Danny

Danny Usul ke Menhub Pembangunan Rel Kereta Api Melayang di MakassarMenteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (dok. Youtube BMKG).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi positif usulan Danny itu. Dia mengaku sulit menolak usulan tersebut. 

Meski begitu, usulan Danny itu akan dikoordinasikan juga dengan Kementerian Keuangan. 

"Saya katakan sulit untuk menolak permintaan Pak Wali Kota. Tapi karena ini kewenangan Kementerian Keuangan, saya akan usulkan. Tapi kalau usulan Pak Wali biasanya oke punya," katanya.

Baca Juga: [WANSUS] Kereta Api Makassar-Parepare Beroperasi Tahun Ini

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya