Danny Pomanto: Perayaan HUT Kota Makassar Bakal Digelar Sederhana

Hanya berlangsung satu hari

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan perayaan HUT ke-415 Kota Makassar bakal berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika dulunya perayaan HUT selalu meriah maka tahun ini digelar lebih sederhana.

Hal itu disampaikan Danny Pomanto usai rapat koordinasi persiapan HUT ke-415 Kota Makassar di Balai Kota, Selasa (1/11/2022).

"Kita kasih simpel supaya secara penganggaran kita lebih efisien. Biasanya kita tiga hari tiga malam, ini tidak, satu malam saja. Biasanya kalau tidak satu hari, pagi upacara, malam lagi resepsi. Ini tidak, upacara sekaligus resepsi," katanya kepada wartawan.

1. Hanya dihadiri 4.000 tamu undangan

Danny Pomanto: Perayaan HUT Kota Makassar Bakal Digelar SederhanaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan meskipun diperingati secara lebih sederhana, namun perayaan HUT nanti tetap dihadiri tamu-tamu. Nantinya ada 30 wali kota yang dikonfirmasi bakal hadir dalam acara tersebut. 

Hanya saja, jumlah tamu yang hadir nanti memang lebih sedikit dibandingkan pada perayaan tahun-tahun sebelumnya. Perayaan HUT akan dipusatkan di Lapangan Karebosi pada 9 November 2022 mendatang.

"Kali ini kita terbatas. Biasanya bikin acara 12.000, kali ini maksimal tadi cuma 4.000 orang," katanya.

2. Lorong wisata dijadikan lokasi perayaan HUT

Danny Pomanto: Perayaan HUT Kota Makassar Bakal Digelar SederhanaSuasana perayaan HUT ke-414 Kota Makassar di Lorong Wisata Jalan Bambapuang, Selasa (9/11/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Karena tamu dibatasi, maka Pemkot menjadikan lorong wisata sebagai lokasi perayaan HUT. Dengan begitu, masyarakat juga bisa terlibat dalam merayakan HUT kota.

"Kita harus bikin juga upacara di lorong wisata. Semua menyaksikan, tanpa mengurangi rasa hormat dan tanpa mengurangi keterlibatan orang. Semua bisa merasakan ulang tahun itu," katanya.

3. Tetap dimeriahkan berbagai macam lomba

Danny Pomanto: Perayaan HUT Kota Makassar Bakal Digelar SederhanaSejumlah penari dalam puncak perayaan HUT ke-414 Kota Makassar di Anjungan Pantai Losari, Selasa (9/11/2021). Humas Pemkot Makassar

Perayaan HUT ke-415 Kota Makassar hanya akan berlangsung selama satu hari. Meski demikian, perayaan ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan mulai dari street carnaval hingga berbagai macam lomba.

"Ada lomba-lomba kepemudaan. Biasanya itu ada musik anak lorong di semua kecamatan. Terus saya meminta lomba lari, lomba lagu Makassarku. Kemudian ada lomba menghias pimpinannya, yang lucu-lucu. Lorong wisata juga sementara dilombakan," kata Danny.

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Ingatkan Ancaman Varian Baru COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya