Danny Ajak Itikaf Seluruh RT/RW di Masjid Kubah 99 Makassar

Rencana digelar pada malam ke-25 Ramadan

Intinya Sih...

  • Wali Kota Makassar akan menggelar itikaf untuk seluruh RT/RW dan Dewan Lorong se-Makassar pada malam ke-25 Ramadan, 4 April 2024 mendatang.
  • Danny juga berencana membuat festival islami yang dapat digelar tiap bulan, serta pawai obor yang melibatkan semua kelurahan pada malam takbiran.
  • Itikaf akan dilanjutkan dengan sahur bersama, diharapkan masjid makin ramai, dan timnya siap mengurusi lingkungan sekitar masjid.

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto akan menggelar itikaf untuk seluruh RT/RW dan Dewan Lorong se-Makassar. Itikaf ini akan dimulai pada malam ke-25 Ramadan yakni 4 April 2024 mendatang. 

Danny mengatakan pihaknya siap meramaikan masjid yang menjadi salah satu ikon Kota Makassar itu. Dia berharap melaui itikaf ini dapat menjalin kebersamaan sosial antar sesama sekaligus memperoleh amal ibadah Ramadan.

"Segera juga kami rangkaikan dengan kegiatan itikaf bersama RT/RW semua. Dengan 6 ribu RT RW, 6 ribu dewan lorong saya ajak itikaf di sana semua pada malam ke-25," kata Danny usai menerima audiensi dengan Dewan Kemakmuran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di kediamannya, Jumat, (29/03/2024).

1. Itikaf dilanjutkan dengan sahur bersama

Danny Ajak Itikaf Seluruh RT/RW di Masjid Kubah 99 MakassarUmat Islam melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/4/2022). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Danny mengatakan itikaf akan dilanjutkan dengan sahur bersama. Mereka akan membawa makanan sendiri-sendiri.

Dengan begitu, dia berharap masjid ini makin ramai. Sama halnya dengan masjid-masjid besar di Makassar, dia mengharapkan Masjid 99 Kubah Asmaul Husna memiliki posisi sendiri.

"Kalau perlu kita buat run to Masjid 99 Kubah Asmaul Husna. Acara lari, jadi masjid urban namanya," katanya.

2. Danny ingin membuat festival Islami setiap bulan

Danny Ajak Itikaf Seluruh RT/RW di Masjid Kubah 99 MakassarWali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, Kamis (22/2/2024). IDN Times/Ashrawi Muin

Ke depannya, Danny juga berencana membuat festival islami. Bahkan dia ingin kegiatan festival islami dapat digelar tiap bulan.

Meski bertajuk festival Islami, Danny menyatakan siapa pun bisa ikut. Para pihak perbankan bahkan diundang memberikan tausiah tentang perbankan.

3. Rencana pawai obor malam takbiran

Danny Ajak Itikaf Seluruh RT/RW di Masjid Kubah 99 MakassarIlustrasi malam takbiran. Pinterest

Selain itu, Danny juga merencanakan pawai obor yang diperlombakan pada malam takbiran. Pawai obor ini melibatkan semua kelurahan.

Dia menyatakan timnya siap mengurusi lingkungan sekitar masjid yang kini kurang terawat dan dipenuhi banyak rerumputan.

Baca Juga: 9 Tahun Ditahan, WN Afrika Selatan Dideportasi dari Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya