Comscore Tracker

BPS: Jeneponto Masih Jadi Daerah Termiskin di Sulsel

Daerah miskin harus diberi perhatian khusus

Makassar, IDN Times - Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan mengungkap bahwa tingkat kemiskinan di Kabupaten Jeneponto masih menjadi yang tertinggi. Secara total, tingkat kemiskinan di Jeneponto mencapai 14,28 persen.

Angka tersebut menambah panjang rekor Jeneponto sebagai daerah termiskin di Sulsel. Dalam beberapa tahun terakhir, Jeneponto selalu tercatat sebagai daerah termiskin di Sulsel, termasuk di tahun 2021 lalu yang mencapai 14,58 persen.

"Kalau kita range menurut kabupaten kota di Sulsel, yang tertinggi di Jeneponto 18,28 persen sedangkan yang terendah di Kotaa Makassar, 4,42 persen" kata Suntono, selaku Kepala BPS Sulsel.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Isyaratkan Kembali Tender Ulang Stadion Mattoanging

1. Angka kemiskinan Sulsel menurun

BPS: Jeneponto Masih Jadi Daerah Termiskin di SulselIlustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain Jeneponto, masih ada daerah lain yang perlu mendapat perhatian karena tercatat sebagai daerah termiskin. Menurut data BPS, daerah tersebut adalah Pangkep (14,28 persen), Luwu Utara (13,59 persen), Luwu (12,52 persen) dan Enrekang (12,47 persen).

Adapun presentasi penduduk miskin Sulsel pada September 2021 sebesar 8,53 persen. Angka ini menurun 0,25 persen poin dibandingkan pada Maret 2021 yakni 8,78 persen. Angka tersebut juga menurun 0,48 persen dibanding September 2020 lalu yakni 8,99 persen.

2. Daerah miskin harus diberikan program khusus

BPS: Jeneponto Masih Jadi Daerah Termiskin di SulselIlustrasi kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pun memerintahkan Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait untuk menekan kemiskinan di lima daerah termiskin itu. Daerah-daerah tersebut, kata dia, diberikan program khusus yang berdampak langsung terhadap ekonomi masyarakat.

"Buat program di daerah itu. Misalnya bagaimana mendorong industri garam di Jeneponto, bisa dilakukan diskusi publik untuk petani garam. Apa yang menjadi kebutuhan mereka," kata Sudirman.

3. Mengatasi kemiskinan harus melibatkan masyarakat

BPS: Jeneponto Masih Jadi Daerah Termiskin di SulselIlustrasi kemiskinan (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Menurut Sudirman, mengatasi kemiskinan perlu melibatkan masyarakat sebagai subjek. Pasalnya yang menjadi masalah selama ini program yang berjalan di lapangan tidak sesuai realita.

"Saya harap Jeneponto bisa seperti itu, saya tidak mau membangun sesuatu yang fiktif, yang hanya memperlihatkan kemewahan tapi tidak bisa dipakai. Mereka harus memilih dan datang melihat kunjungan bawa petani-petani untuk cek yang mana bisa dipakai," kata Sudirman.

Baca Juga: Polisi Larang 'Sahur on the Road' di Makassar selama Ramadan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya