Comscore Tracker

Bantuan Mengalir untuk Korban Banjir di Luwu

Banjir melanda sejumlah kecamatan di Luwu, Sulawesi Selatan

Makassar, IDN Times - Bantuan terus berdatangan untuk korban banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Muhammad Firda, menyatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa logistik dan tim reaksi cepat (TRC). Bantuan itu telah diberangkatkan pada Minggu (3/10/2021), melalui jalur darat. 

"Bantuan paket itu sudah tiba, ada tim logistik ada juga tim penanganan," kata Firda di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (4/10/2021).

1. Setiap daerah telah mendapat stok penyangga

Bantuan Mengalir untuk Korban Banjir di LuwuBPBD Sulsel mengirimkan bantuan untuk korban banjir di Luwu, Minggu (3/10/2021). Humas Pemprov Sulsel

Firda mengatakan bahwa Pemprov Sulsel sebenarnya telah menyediakan stok logistik darurat untuk korban bencana di tiap kabupaten/kota. Hal itu memang merupakan persiapan untuk menghadapi potensi bencana.

Di Sulsel, pemprov menyediakan 870 unit stok logistik darurat untuk 24 kabupaten/kota, termasuk Luwu. Meski begitu, pemprov tetap menyalurkan logistik untuk korban banjir di daerah tersebut. 

"Walaupun kita ada stok di kabupaten, tetapi provinsi tetap mem-backup, ini sesuai arahan dari Bapak Gubernur bahwa setiap ada bencana, Pemerintah sulsel harus hadir di situ," kata Firda.

2. Dinsos Sulsel siapkan bantuan tambahan

Bantuan Mengalir untuk Korban Banjir di LuwuDinas Sosial Sulsel mengirimkan bantuan untuk korban banjir di Luwu, Minggu (3/10/2021). Humas Pemprov Sulsel

Dinas Sosial Sulsel juga menurunkan personil taruna siaga bencana (Tagana) dalam membantu proses evakuasi bencana yang terjadi di Kabupaten Luwu. 

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Sulsel, Herman, mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinsos Luwu. Apalagi persediaan logistik darurat Dinsos provinsi pun telah dikirim jauh hari sebelumnya ke kabupaten.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Luwu, agar segera ada tindakan di sana dan semalam sudah berada di lokasi (korban terdampak) membagikan bantuan," ujarnya.

Dinsos provinsi juga tengah menyiapkan bantuan logistik tambahan untuk korban bencana di Luwu. Bahkan selama beberapa bulan terakhir ini atau sejak Agustus 2021, bantuan Dinsos provinsi untuk Luwu sudah keempat kalinya. 

"Atas arahan dari Bapak Plt Gubernur, hari ini tim Tagana Dinsos Provinsi akan diturunkan sekaligus membawakan bantuan," ucapnya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Luwu, Rumah Kepala Desa Tertimbun Longsoran

3. Pemkot Makassar kirim satu regu tim rescue

Bantuan Mengalir untuk Korban Banjir di LuwuPelepasan regu rescue Damkar di kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Senin (4/10/2021). Humas Pemkot Makassar

Bantuan juga datang dari Pemerintah Kota Makassar. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menurunkan Dinas Pemadam Kebakaran untuk turut membantu menyelamatkan warga korban banjir.

Hari ini, Danny yang didampingi Plt Kepala Dinas Damkar Hasanuddin melepas satu regu tim rescue yang berangkat ke tanah Luwu. Satu regu terdiri dari 10 orang. Jika dibutuhkan lagi, Pemkot akan mengirimkan lagi regu lainnya.

“Panggilan kemanusiaan hari ini melihat duka yang sedang menimpa saudara kita di Luwu. Satu regu tanpa batas waktu kami lepas hari ini dan jika masih dibutuhkan akan kami kirim lagi regu lainnya untuk bergabung," jelas Hasanuddin.

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Luwu, Empat Orang Dilaporkan Hilang

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya