Comscore Tracker

11 Calon Kepala Daerah Terpilih di Sulsel Dilantik di Makassar 

Jumlah orang dibatasi dan sebagian tamu hadir virtual

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dijadwalkan melantik sebelas calon kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2020, pada Jumat, 26 Februari 2021. Pelantikan digelar serentak dan secara tatap muka di Kantor Gubernur Sulsel.

Gubernur Nurdin menyatakan acara pelantikan akan digelar dengan hadirin terbatas karena situasi pandemik COVID-19. Ruangan pelantikan hanya diisi pasangan calon kepala daerah.

"Pesertanya tidak lebih dari 25 orang per ruangan. (Calon) kepala daerah yang dilantik ada sebelas, kalau ditambah dengan wakilnya itu jadi 22 orang," kata Nurdin di kantornya di Makassar, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Soal Pelantikan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto: Kita Ikut Saja

1. Agenda pelantikan sudah mendapatkan persetujuan Kemendagri

11 Calon Kepala Daerah Terpilih di Sulsel Dilantik di Makassar (IDN Times/Ashrawi Muin)

Nurdin, pada Senin pagi, menerima kunjungan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik. Nurdin mengatakan, Dirjen Otoda diutus Kemendagri untuk membahas soal pelantikan calon kepala daerah terpilih di Sulsel.

Lebih lanjut, Nurdin menyatakan Kemendagri sudah merestui rencana menggelar pelantikan secara hybrid. Maksunya, hadirin dibagi menjadi dua, yakni secara tatap muka serta secara virtual lewat aplikasi Zoom.

"Yang virtual yang di daerah, masing-masing menunggu. Yang ke sini hanya bupati, wakil bupati beserta seluruh ketua tim penggerak PKK," kata Nurdin.

2. SK pelantikan akan diterima sehari sebelum pelantikan

11 Calon Kepala Daerah Terpilih di Sulsel Dilantik di Makassar Ilustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Nurdin menyatakan Pemerintah Provinsi sudah mulai mempersiapkan pelantikan kepala daerah terpilih, meski belum menerima surat keputusan dari Kemendagri. SK pelantikan itu diperkirakan baru akan terbit sehari menjelang pelantikan.

"Pokoknya 25 malam SK-nya datang, 26 kita pelantikan," kata Nurdin.

3. Toraja Utara belum dilantik

11 Calon Kepala Daerah Terpilih di Sulsel Dilantik di Makassar Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 (IDN Times/Arief Rahmat)

Pilkada Serentak 2020 digelar di 12 daerah se-Sulsel. Daerah itu adalah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Gowa, Bulukumba, dan Selayar. 

Khusus Toraja Utara, pasangan calon kepala daerah terpilih di sana belum ikut dilantik pekan ini. Sebab masa jabatan bupati dan wakil bupati baru akan berakhir pada 31 Maret 2021.

Sebelumnya Gubernur Nurdin menunjuk sekretaris daerah di 10 kabupaten sebagai pelaksana harian bupati, sebab masa jabatan kepala daerahnya sudah berakhir per 17 Februari 2021. Sedangkan Makassar dipimpin Pejabat Wali Kota sejak Mei 2019.

Baca Juga: Efisiensi, KPU Makassar Bakal Kembalikan Rp10 M Sisa Dana Pilkada

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya