Gubernur Nurdin Copot Kepala Inspektorat Sulsel

Gubernur tanda tangani SK pencopotan di bandara

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mencopot Kepala Inspektorat Sulsel Luthfi Natsir. Sebelum mencopot Luthfi, Nurdin memberikan isyarat dalam pidato apel pagi hari pertama kerja pasca libur Lebaran, di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulsel, Senin kemarin (10/6).

Saat memberikan pengarahan di hadapan ratusan pegawainya, Nurdin secara gamblang membeberkan kekecewaannya kepada bawahannya yang dia nilai tidak loyal padanya. Nurdin juga mengaku selama ini banyak kabar bohong alias hoaks yang disebarkan oleh oknum-oknum pegawainya. 

Baca Juga: Sanksi Berat Menunggu bagi PNS yang Bolos Setelah Libur Lebaran

1. Gubernur Nurdin sebut ada oknum pejabatnya yang sering menyebar berita hoaks

Gubernur Nurdin Copot Kepala Inspektorat SulselHumas Sulsel

Dalam pidatonya, dengan nada tinggi, Nurdin mengatakan tidak bisa memberikan toleransi oknum yang sengaja menyebarkan kabar bohong khususnya di lingkup Pemprov Sulsel. Mantan Bupati Bantaeng ini menyebut “ada duri dalam daging”.

"Saya dengan Pak Wagub hampir sembilan bulan memimpin Provinsi Sulawesi Selatan ini. Saya kira waktu yang cukup untuk kita lakukan evaluasi mulai dari tingkat SKPD sampai ke bawah. Saya tidak mau ada duri dalam daging yang sewaktu-waktu bisa melukai," ungkap Nurdin.

2. Nurdin keluhkan kinerja Inspektorat Sulsel

Gubernur Nurdin Copot Kepala Inspektorat SulselIDN Times

Masih dalam pidatonya, Nurdin berkeinginan melakukan pembaharuan dalam kepemimpinannya. Pihak yang dianggap tidak mampu mengikuti irama kepemimpinannya akan diganti, demi keseimbangan kerja, seperti dalam tim sepak bola.

Dalam pidatonya, Nurdin mengeluhkan kinerja Inspektorat--yang dinilai selama ini lambat dalam menindaklanjuti laporan dan temuan yang masuk. Usai berpidato, Nurdin belum menyebut nama Kepala Inspektorat yang akan dicopot. Nurdin hanya menyebutkan ada pejabat Eselon II yang akan dia copot, karena menjadi biang permasalahan selama 9 bulan kepemimpinannya di Sulsel.

“Bayangkan kita lagi berperang ada musuh kita di dalam kita ikut berperang, habis kita karena semua strategi kita udah bocor ke mana-mana. Saya dan Pak Wagub ingin membangun postur aparatur pemerintahan yang kuat, jangan kita pikirkan diri kita sendiri," jelas Nurdin.

3. Nurdin tanda tangani SK pencopotan Luthfi sebelum berangkat ke Eropa

Gubernur Nurdin Copot Kepala Inspektorat SulselHumas Sulsel

Dari informasi yang dihimpun, Nurdin menandatangani SK pencopotan Luthfi di Bandara Sultan Hasanuddin, sebelum Nurdin berangkat untuk perjalanan dinas ke Eropa. SK tersebut dibawa langsung Salim, pelaksana tugas Asisten I Pemprov Sulsel yang juga menjadi pengganti Luthfi. Usai ditandatangani, SK pencopotan Luthfi diantar Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat ke kantor Inspektorat Sulsel, di Jalan AP Pettarani Senin siang.

Tahun pertama kepemimpinannya di Sulsel, Nurdin sudah dua kali mencopot pejabat eselon II di jajarannya. Sebelumnya, Nurdin mencopot Kepala Biro Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa Setda Sulsel Jumras, karena dianggap terlibat dalam kasus bagi-bagi proyek di Sulsel. Tidak terima diberhentikan dari jabatannya, Jumras menggugat keputusan Nurdin pada Kemenpan RB. 

Baca Juga: Gubernur Nurdin: Kami Ingin Bawa Perubahan Cepat di Sulsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya