[UPDATE] Kasus COVID-19 di Sulsel Tembus 113 Orang, 19 Sembuh

Kasus kematian naik jadi 6 orang

Makassar, IDN Times – Kasus orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulawesi Selatan bertambah lagi. Menurut pembaruan data resmi pemerintah per Senin (6/4) 16.40 Wita, tercatat akumulasi 113 kasus di Sulsel.

Jumlah kasus positif terinfeksi virus corona di Sulsel bertambah 30 orang dalam satu hari terakhir. Sejauh ini, total ada 6 pasien meninggal, sedangkan 19 pasien dinyatakan sembuh.

Pergerakan jumlah kasus COVID-19 di Sulsel terus meningkat, sejak kasus pertama diumumkan pada 19 Maret 2020 lalu. Kini Sulsel ada di daftar urutan keenam provinsi dengan jumlah kasus terbanyak di Indonesia. Di posisi lima besar ada DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Tengah.

Kasus positif di Sulsel naik seiring bertambahnya pasien dalam pengawasan (PDP) serta orang dalam pemantauan (ODP). Data Pemprov menunjukkan ada 271 PDP, 14 di antaranya meninggal, dan 21 orang sembuh. Sedangkan ODP berjumlah 2.279 orang.

Secara nasional, dalam satu hari terakhir ada penambahan 2.491 kasus positif, sehingga total akumulasi sejauh ini 2.491 kasus. Dari jumlah itu, 209 pasien meninggal, dan 192 orang sembuh.

Juru bicara pemerintah khusus penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, sejauh ini pemerintah di seluruh Indonesia telah melaksanakan pemeriksaan spesimen terhadap 11.240 orang. “80 persen di antaranya tidak terbukti positif corona virus,” katanya pada konferensi pers virtual, Senin petang.

Pada kesempatan itu, Yuri juga menyampaikan keprihatinan atas gugurnya sejumlah tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien COVID-19. Pemerintah disebut memperkuat komitmen dengan terus melengkapi alat pelindung diri (APD) sebagai kelengkapan petugas kesehatan.

“Distribusi akan terus menerus kita lakukan berbasis kebutuhan masing-masing provinsi,” ucapnya.

Baca Juga: Kematian di Sulsel Diklaim Tidak Ada yang Murni karena COVID-19

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya