Satpam Unhas Tangkap Dua Pelajar Curi Motor di Kampus

Kedua pelaku tertangkap tangan saat mendorong motor curian

Makassar, IDN Times - Satuan Pengamanan Universitas Hasanuddin menangkap basah dua pelaku pencuri sepeda motor, saat beraksi di kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis dini hari (4/1/2024). Kedua pelaku tertangkap saat berupaya membawa kabur satu unit motor dari area parkir Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), sekitar pukul 2.00 Wita.

Kedua pelaku diketahui sama-sama berstatus pelajar. Satu beralamat Tello, satu lainnya Perumnas Sudiang. Satpam Unhas langsung menyerahkan mereka ke polisi untuk diproses hukum. 

"Tersangka beserta semua barang bukti saat ini telah diserahkan ke Polsek Tamalanrea untuk penyelidikan lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata Ridwan Said, Kepala Satpam Unhas, Kamis.

1. Satpam curigai gerak-gerik kedua pelaku

Satpam Unhas Tangkap Dua Pelajar Curi  Motor di KampusDua pelajar kedapatan saat berupaya mencuri sepeda motor di area parkir Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis dini hari (4/1/2024). (Dok. Istimewa)

Ridwan menerangkan, awalnya dua anggota tim keamanan mencurigai dua orang yang bergerak bolak-balik di sekitar Pos 3. Salah satu di antara mereka memarkir sepeda motor dan berjaga di jalan keluar FKG, saat satu lainnya masuk ke area parkir.

Beberapa saat kemudian, salah satu pelaku mendorong satu unit motor Yamaha NMax keluar dari area parkir FKG. Dua Satpam yang sudah mengintai pun langsung bergerak menangkap mereka. 

Ketika tertangkap, tersangka berdalih motor yang didorong rusak dan telah diparkir sejak sore. “Tapi setelah ditelusuri ternyata mereka cuma ngaku-ngaku saja. Motor yang didorong keluar itu adalah milik orang lain,” kata Ridwan.

2. Pelaku dan barang bukti diserahkan ke polisi

Satpam Unhas Tangkap Dua Pelajar Curi  Motor di KampusIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Setelah menangkap tersangka, Kepala Satpam Unhas berkoordinasi dengan Polsek Tamalanrea untuk penanganan lebih lanjut. Sekitar pukul 03:00 Wita, petugas dari Polsek Tamalanrea, bersama dengan Unit Reserse Kriminal (Jatanras), tiba di Unhas untuk menahan kedua tersangka.

Selain kedua tersangka, Satpam Unhas menyerahkan sejumlah barang bukti ke polisi. Di antaranya sepeda motor milik korban, sepeda motor yang digunakan pelaku berboncengan, satu obeng, dan beberapa barang lain.

3. Pelaku sudah berpengalaman mencuri motor

Satpam Unhas Tangkap Dua Pelajar Curi  Motor di KampusIlustrasi pencuri/maling. (IDN Times/ Agung Sedana)

Ridwan menyatakan Satpam Unhas berkomitmen untuk terus memastikan keselamatan dan keamanan mahasiswa serta fasilitas kampus Unhas. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para petugas yang waspada.

Dari interogasi, diketahui pelaku sudah berpengalaman mencuri motor. “Dari hasil pengembangan, tersangka sudah dua kali melakukan perbuatan curanmor,” kata Ridwan.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya