Comscore Tracker

Pria Asal Lamongan Jalan Kaki Demi Ketemu Polisi Gowa, Ini Alasannya

Dia memulai perjalanan sejak Juli 2018

Makassar, IDN Times - Naryo Agus Setiawan, pria berusia 32 tahun asal Desa Menongo Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, nekat berjalan kaki dari daerah asalnya berkeliling Indonesia. Dia menyusuri jalan hingga ke berbagai daerah, khusus untuk mendatangi kantor-kantor Kepolisian.

Selasa (17/9) pagi, Naryo tiba di Kantor Polres Gowa, Jalan Syamsuddin Tunru Sungguminasa. Dia singgah untuk kembali melanjutkan perjalanannya ke daerah lain. Diterima sejumlah anggota Polres, dia pun menceritakan pengalaman berjalan ribuan kilometer dari rumah.

Alasan Naryo berkeliling sederhana. Dia ingin bersilaturahmi dengan personel Kepolisian dan TNI di banyak tempat. Perjalanannya juga disebut sebagai wujud apresiasi dan kecintaan kepada institusi negara tersebut.

"Harapan saya agar masyarakat tidak hanya melihat sebelah mata pihak TNI dan Polri. Namun melihat secara umum bagaimana mereka telah berbuat bagi rakyat Indonesia," kata Naryo dalam keterangan pers Polres Gowa, Selasa (17/9).

1. Naryo memulai perjalanan sejak Juli 2018

Pria Asal Lamongan Jalan Kaki Demi Ketemu Polisi Gowa, Ini AlasannyaIDN Times/Istimewa

Di Polres Gowa, Naryo disambut Kepala Sub Bagian Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan. Saat bercerita pengalaman, pria yang bekerja serabutan itu mengaku telah berkeliling Indonesia sejak Juli 2018.

Dari uang hasil tabungan dan pemberian berbagai pihak, ditambah bekal seadanya, Naryo berkeliling dengan maksud bentuk dukungan kepada TNI dan Polri. Dia ingin memberikan semangat kepada jajaran TNI dan Polri untuk terus bekerja untuk bangsa dan negara.

Di Sulsel, Naryo setidaknya telah mengunjungi tujuh Kantor Polres. Dia masih akan berkeliling Sulsel sebelum bertolak ke Pulau Sumatera.

Baca Juga: Cekcok Gara-gara Sampah, Seorang Kakek di Gowa Tebas Adik Kandung

2. Perjalanan diabadikan lewat buku catatan

Pria Asal Lamongan Jalan Kaki Demi Ketemu Polisi Gowa, Ini AlasannyaIDN Times/Istimewa

Selama berkeliling Indonesia, Naryo tidak hanya mendokumentasikan perjalanan lewat gambar foto. Dia juga membawa sebuah buku catatan sebagai bukti jejak petualangannya.

Dalam buku tersebut, dia mengabadikan kantor-kantor Kepolisian yang telah disinggahi. Setiap lokasi ditandai catatan plus bubuhan tanda tangan dan stempel pejabat Polisi yang menyambutnya.

Beberapa lokasi yang tercantum dalam buku tersebut, antara lain Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan selatan yang dikunjungi 21 Juni 2019, serta Polda Nusa Tenggara Barat pada 2 Juli 2019.

3. Naryo berharap masyarakat mendukung kinerja Kepolisian

Pria Asal Lamongan Jalan Kaki Demi Ketemu Polisi Gowa, Ini AlasannyaIDN Times/Istimewa

Di Polres Gowa, Naryo menyampaikan rasa syukur karena diterima personel setempat dengan tangan terbuka. Dia mengatakan pengalaman yang sama dirasakannya dalam kunjungan di berbagai Kantor Kepolisian daerah lain.

Saat berdialog dengan petugas Polres, dia menyampaikan harapannya agar institusi Polri dan TNI tetap solid. Kepada masyarakat, dia mengimbau agar selalu mendukung upaya Polri dalam menegakkan hukum dan menjaga keamanan.

"Kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak menilai TNI POLRI dari sisi negatif karena, suatu kesalahan yang dilakukan personel bukanlah kesalahan dari institusinya," kata Naryo.

Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan yang melepas kepergian Naryo pun mendoakan agar perjalanannya dimudahkan. "Semoga selama dalam mengarungi perjalanan keliling Indonesia diberi kesehatan dan keselamatan," ucapnya.

Baca Juga: Polres Gowa Tangkap Penganiaya WNA Turki

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya