Polri Mulai Gelar Operasi Patuh, Ini 8 Sasarannya di Jalanan

Operasi digelar 28 Agustus hingga 11 September 2019

Makassar, IDN Times - Bagi anda pengguna kendaraan bermotor, bersiaplah. Sebab Kepolisian Republik Indonesia akan menggelar operasi lalu lintas bersandi Operasi Patuh 2019.

Operasi ini akan digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Waktunya berlangsung antara Kamis (29/8) hingga Rabu (11/9).

"Termasuk di jajaran Polrestabes Makassar, besok kita akan melaksanakan serentak se-Indonesia," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar Kompol Muh Yusuf Usman di Makassar, Rabu (28/9).

1. Ada delapan sasaran penindakan

Polri Mulai Gelar Operasi Patuh, Ini 8 Sasarannya di JalananIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Yusuf menerangkan bahwa Operasi Patuh digelar untuk menindaki para pelanggar lalu lintas. Ada setidaknya delapan pelanggaran yang jadi sasaran prioritas untuk ditindaki.

Pelanggaran itu antara lain, pengendara motor yang tidak menggunakan helm standar, pengendara mobil tanpa mengenakan sabuk pengaman. Lalu pengendara mobil melebihi batas kecepatan, pengemudi kendaraan dalam keadaan pengaruh alkohol.

Berikutnya, pengendara di bawah umur dan pengendara menggunakan telepon saat mengemudi. "Termasuk kendaraan melawan arus, serta menggunakan sirine atau strobo," Yusuf menyebutkan.

2. Pengendara diimbau persiapkan surat-surat kendaraan

Polri Mulai Gelar Operasi Patuh, Ini 8 Sasarannya di JalananANTARA News/Devi Ramadhan

Pada Operasi Patuh, petugas Kepolisian akan menggelar razia di titik-titik tertentu. Akan digelar pemeriksaan surat kelengkapan kendaraan bermotor. Bagi anda yang rutin berkendara, diimbau agar selalu membawa kelengkapan wajib seperti STNK dan SIM.

Yusuf menegaskan Polisi berlaku tegas dalam menindaki setiap pelanggaran. Tidak ada pengecualian, termasuk bagi anggota Polri. Dia juga menyatakan bahwa menaati peraturan lalu lintas berarti mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

“Kalau saya dapat melanggar, saya langsung tilang,” ujar Kasat Lantas.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Ringkus Komplotan Begal Usia 17 Tahun ke Bawah

3. Operasi untuk menciptakan keselamatan di jalan raya

Polri Mulai Gelar Operasi Patuh, Ini 8 Sasarannya di JalananTwitter/@TMCPoldaMetro

Operasi lalu lintas dengan sandi Operasi Patuh rutin digelar setiap tahun. Kali ini, Polri juga menggelar secara serentak.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri, pada portal resmi Polri mengatakan setidaknya ada lima tujuan digelarnya operasi ini. Yang pertama, menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dengan menekankan peningkatan sumber daya manusia.

Kedua, kata Refdi, sebagai kegiatan proakfif dan pendekatan preventif dalam upaya kesadaran berlalu lintas. Ketiga, Operasi Patuh bertujuan untuk peningkatan bidang pelayanan baik informasi hingga administrasi dan penegakan hukum.

Keempat, peningkatan profesionalisme dan transparansi khususnya dalam pelayanan. Adapun kelima, sebagai bentuk sinergitas dengan mitra terkait.

Baca Juga: Satreskrim Polrestabes Makassar Tangkap  Muncikari Prostitusi Online 

Baca Juga: Kirim Video Mesum ke Napi, Oknum Polwan Polrestabes Makassar Dipecat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya