PMN Gelar Pelatihan Jurnalistik hingga ke Desa Demi Tangkal Hoaks

Bantu pemuda mencerna informasi yang bertebaran di medsos

Makassar, IDN Times - Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam gerakan jaringan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) aktif menggalang dukungan di Sulawesi Selatan. Tak sekadar menghimpun dukungan masyarakat, mereka turut menggelar berbagai kegiatan positif.

Salah satu kegiatan yang digelar PMN adalah pelatihan jurnalistik bagi anak-anak muda di desa. Kegiatan teranyar bertema "Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis dalam Melawan Hoax" digelar di Desa Mappatoba, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, Rabu (7/6/2023).

Koordinator Wilayah PMN Sulsel Jusman mengatakan pelatihan jurnalistik bertujuan agar para peserta paham dengan penyebaran informasi. Sehingga mereka bisa membedakan mana berita benar dan yang mengandung hoaks.

“Pelatihan jurnalistik ini bertujuan agar pemuda di desa Mappatoba bisa mengetahui informasi-informasi yang tersebar di media sosial, supaya tidak menepaah secara mentah untuk diambil,” kata Jusman dalam keterangannya, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: PDIP Optimistis Ganjar Menang Satu Putaran di Pilpres 2024

1. Pemuda desa antusias mengikuti pelatihan

PMN Gelar Pelatihan Jurnalistik hingga ke Desa Demi Tangkal HoaksPemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Sulawesi Selatan menggelar pelatihan jurnalistik bagi pemuda Desa Mappatoba, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, Rabu (7/6/2023). (Dok. Istimewa)

Menurut Jusman, para pemuda di Desa Mappatoba sangat antusias mengukuti pelatihan yang diselenggarakan oleh PMN Sulsel. Terbukti, kata Jusman, para peserta aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri.

Lebih jauh, Jusman berharap pasca adanya pelatihan jurnalistik itu pemuda bisa terhindarkan dari berita-berita hoaks. “Artinya dengan pelatihan ini membedakan mana informasi sesuai fakta," ucapnya.

2. Membuka kesempatan pemuda desa mendalami jurnalistik

PMN Gelar Pelatihan Jurnalistik hingga ke Desa Demi Tangkal HoaksPemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Sulawesi Selatan menggelar pelatihan jurnalistik bagi pemuda Desa Mappatoba, Kecamatan Salomekko, Kabupaten Bone, Rabu (7/6/2023). (Dok. Istimewa)

Perwakilan Karang Taruna Mappatoba, Indra mengapresiasi pelatihan jurnalistik di desanya. Menurut dia kegiatan seperti itu sangat bermanfaat, mengingat para pemuda banyak bersentuhan dengan media sosial yang dipenuhi informasi.

Pelatihan, kata Indra, juga bisa menjadi pintu bagi pemuda desa yang ingin mendalami bidang jurnalistik. Apalagi saat ini berbagai platform memungkinkan jurnalisme warga.

“Semoga program seperti ini bisa diadakan. Karena program seperti ini bisa membantu pemuda, apalagi pemuda baru berkembang bisa belajar di sini tentang bagaimana ke depannya tentang jurnalistik atau pelatihan lain,” kata Indra.

3. PMN menggalang dukungan anak muda untuk Ganjar Pranowo

PMN Gelar Pelatihan Jurnalistik hingga ke Desa Demi Tangkal HoaksGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

PMN bergerak keliling Sulsel untuk menggalang dukungan kelompok muda kepada Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden 2024. Indra mengatakan, Ganjar merupakan salah satu kandidat potensial dan punya rekam jejak bagus sebagai pemimpin.

“Harapannya semoga (Ganjar) sukses dan bisa meneruskan pak Jokowi," katanya.

Baca Juga: Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Perempuan Muda Ciptakan Peluang Usaha

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya