Pertamina Gandeng BIN Sulteng Awasi BBM dan LPG Subsidi

Upaya melindungi masyarakat yang berhak menerima subsidi

Makassar, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui Sales Area Sulawesi Tengah membangun kolaborasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah setempat untuk mengawasi distribusi BBM dan LPG Subsidi. Hal itu dibahas pada kegiatan audiensi di Kantor BIN Kota Palu, Sulteng, Kamis (7/9/2023). 

“Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pihak pihak terkait dalam hal distribusi BBM dan LPG Subisidi agar tepat sasaran di wilayah Sulawesi Tengah, khususnya BIN Daerah Sulawesi Tengah kami akan saling bertukar data dan informasi guna meminiamlisir penyalahgunaan di lapangan,” kata Sales Area Manager Retail Sulawesi Tengah Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fakhri Rizal Hasibuan, dalam keterangan persnya, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: Pertamina Jamin Pasokan Avtur untuk Penerbangan di Sulawesi

1. Upaya melindungi konsumen yang berhak menerima subsidi

Pertamina Gandeng BIN Sulteng Awasi BBM dan LPG SubsidiPertemuan antara Sales Area Sulawesi Tengah Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah. (Dok. Istimewa)

Fakhri mengatakan, program subsidi tepat BBM dan LPG ini adalah program pemerintah yang perlu dijaga penerapannya. Pemerintah melalui Pertamina telah menjalankan program subsidi tepat BBM dan juga subsidi tepat LPG di tahun ini.

“Tahun ini dimulai pada bulan Maret 2023 kami tengah menjalankan program subsidi tepat BBM dengan menerapkan QR Code bagi pengguna kendaraan berbahan bakar diesel sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak," ucapnya.

Pertamina tengah melaksanakan tahapan pendataan dan pencocokan data program subsidi telat LPG di wilayah Sulteng. Saat ini progresnya mencapai 97 persen pangkalanyang telah teregistrasi atau sejumlah 5.187 pangkalan LPG 3 kg.

"Program ini bertujuan agar penyaluran LPG subsidi 3 Kg tepat sasaran dengan segmen yang diatur pemerintah dan juga untuk melindungi konsumen yang berhak menerima dari konsumen yang tidak berhak” ujar Fakhri.

2. BIN dukung Pertamina menjaga rantai distribusi BBM dan LPG

Pertamina Gandeng BIN Sulteng Awasi BBM dan LPG SubsidiIlustrasi LPG. (IDN Times/Holy Kartika)

Kepala BIN Daerah Sulawesi Tengah, Brigadir Jenderal TNI Arman Dahlan menyampaikan pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan Pertamina. Dia berharap kedua pihak lebih dapat menjaga rantai distribusi BBM dan LPG subsidi sehingga benar benar dirasakan oleh masyarakat yang berhak.

"Kami juga berterima kasih dengan adanya niat baik untuk menjalin hubungan saling berkoordinasi mengenai keterbukaan data dan informasi ini akan menjadi mempersempit peluang oknum oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil lebih dari hak masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Kegiatan ditutup dengan serah terima plakat sebagai bentuk komitmen bersama kolaborasi antara Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dengan Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tengah.

3. Upaya mempersempit upaya oknum menyalahgunakan BBM dan LPG bersubsidi

Pertamina Gandeng BIN Sulteng Awasi BBM dan LPG SubsidiPertemuan antara Sales Area Sulawesi Tengah Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah. (Dok. Istimewa)

Dalam kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyatakan pihaknya untuk melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait. Salah satunya BIN Sulawesi Tengah yang merupakan lembaga pemerintah Nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang intelijen.

"Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini akan mempersempit lingkup oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan BBM dan LPG bersubisidi ini,” ujarnya.

Selain itu Fahrougi menyampaikan apresiasinya kepada Aparat Penegak Hukum dalam memberantas penyalahgunaan BBM dan LPG bersubsidi “Kami juga mengapresiasi dan mendukung penuh serta menghormati seluruh proses hukum yang berlaku dari Aparat Penegak Hukum yang telah melakukan penindakan terhadap penyalahgunaan BBM dan LPG bersubsidi, sehingga BBM dan LPG subsidi ini dapat dipergunakan semestinya oleh masyarakat yang berhak” dia melanjutkan.

Baca Juga: Naik! Ini Harga Terbaru BBM Pertamina di Sulawesi per 1 September 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya