Malam Ini Jenazah Ichsan YL Tiba di Makassar  

Almarhum akan dimakamkan di Pekuburan Islam Panaikang

Makassar, IDN Times - Jenazah Bupati Gowa periode 2005-2015 Ichsan Yasin Limpo dijadwalkan tiba dari Jepang, Rabu (31/7) malam. Keluarga mempersiapkan penyambutan di rumah duka, kediaman orang tua Ichsan, di Jalan Haji Bau Nomor 32 Makassar, Sulawesi Selatan.

Keponakan Ichsan Devo Khadafi mengungkapkan, jenazah diterbangkan ke Indonesia, Rabu pagi usai disemayamkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang. Jenazah bakal transit di Jakarta dan rencananya diterbangkan ke Makassar sekitar pukul 17.55 WIB.

Almarhum Ichsan Yasin Limpo berangkat dari Jepang didampingi keluarga. Termasuk anaknya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan beserta istri dan anak-anak.

"Sekitar pukul sembilan malam jenazah tiba di Bandara Sultan Hasanuddin dan menuju rumah duka. Kita harap semuanya berjalan dengan lancar," kata Devo di Makassar, Rabu (31/7).

1. Dimakamkan di Panaikang Kamis siang

Malam Ini Jenazah Ichsan YL Tiba di Makassar  Dok. IDN Times/Istimewa

Berdasarkan kesepakatan keluarga, jenazah almarhum Ichsan Yasin Limpo akan dimakamkan Kamis (1/8) siang di Pekuburan Islam Panaikang, Jalan Urip Sumoharjo Makassar. Keluarga dan kerabat diberi kesempatan melayat sejak pagi hari.

Sebelum dimakamkan, jenazah akan disalatkan usai salat zuhur di Masjid Agung Syekh Yusuf Sunggimnasa, Kabupaten Gowa.

"Insya Allah kalau semuanya lancar, jenazah akan meninggalkan rumah duka di Jalan Haji Bau sekitar pukul 11.30 Wita menuju Masjid Agung Syekh Yusuf Sungguminasa untuk disalatkan," kata Devo.

Baca Juga: Ichsan Yasin Limpo, si Pendobrak Bidang Pendidikan Sulawesi Selatan

2. Polres Gowa kawal seluruh rangkaian proses pemakaman

Malam Ini Jenazah Ichsan YL Tiba di Makassar  Instagram.com/adnanpurichtaichsan

Kepala Polres Gowa AKBP Shinto Silitonga menyatakan pihaknya siap mengawal dan mengamankan seluruh rangkaian proses pemakaman almarhum Ichsan Yasin Limpo. Diperkirakan, jasad Ichsan akan diantar oleh ribuan pelayat menuju tempat peristirahatan terakhir.

Shinto mengatakan, Polres Gowa telah menyiapkan rute perjalanan rombongan dalam prosesi pemakaman. Polres juga menyiagakkan 12 mobil dan 12 sepeda motor untuk mengawal rombongan. Pengawalan jenazah dilakukan sejak tiba dari Jakarta hingga perjalanan menuju pemakaman.

"Yang kami lakukan adalah wujud penghormatan terakhir kepada almarhum. Semoga seluruh rangkaian prosesi pemakaman besok dapat berjalan lancar dan tertib," kata Shinto.

3. Ichsan wafat di usia 58 tahun

Malam Ini Jenazah Ichsan YL Tiba di Makassar  Dok. IDN Times/Istimewa

Ichsan Yasin Limpo meninggal saat tengah menjalani perawatan di rumah sakit di Tokyo, Jepang, Selasa (30/7). Di akhir hayatnya dia berjuang melawan penyakit kanker paru-paru stadium empat yang dia derita.

Ichsan wafat setelah tiga bulan dirawat. Selain di Jepang, dia juga menjalani perawatan di Singapura. Ichsan meninggal di usia 58 tahun 4 bulan, meningalkan istri Novita Madonza Amu dan empat orang anak.

Ichsan Bupati Gowa dua periode, merupakan adik Gubernur Sulsel periode 2008-2018 Syahrul Yasin Limpo. Dia mencalonkan diri pada Pemilihan Gubernur Sulsel tahun 2018 tapi kalah.

Baca Juga: Ichsan Yasin Limpo Meninggal Dunia, Ini Kiprah Sang 'Mr. Komitmen'

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya