Comscore Tracker

Legislator Sulsel Desak Proyek Stadion Mattoanging Lanjut

Pembangunan dianggarkan Rp70 miliar di APBD 2022

Makassar, IDN Times - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Meski, penganggarannya bersifat multiyears alias berkelanjutan dalam beberapa tahun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Mestinya dilanjutkan walaupun sempat terkendala pembangunannya. Kalau kami di Fraksi Golkar meminta pembangunan Stadion Mattoangin dilanjutkan," kata legislator Fraksi Golkar Fachruddin Rangga dikutip dari Antara, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga: Suporter PSM Curhat Masalah Stadion Mattoanging ke DPR RI

1. Masyarakat menanti progres pembangunan

Legislator Sulsel Desak Proyek Stadion Mattoanging LanjutKantor DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Fachruddin yang menjabat Wakil Ketua Badan Anggaran DPRD Sulsel menyebut anggaran yang dialokasikan pada APBD tahun 2022 tidak besar. Namun setidaknya, kata dia, masyarakat bisa melihat progres pembangunan.

Dia juga menyinggung bahwa semula pembangunan stadion mengharapkan bantuan anggaran pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Rencananya renovasi stadion dianggarkan Rp1,6 triliun lewat skema itu, namun belakangan kandas di tengah jalan. 

2. Anggaran Rp70 miliar sangat minim=

Legislator Sulsel Desak Proyek Stadion Mattoanging LanjutLegislator DPRD Sulsel John Rende Mangontan. (IDN Times/Aan Pranata)

Hal senada disampaikan anggota Komisi E DPRD Sulsel Jhon Rende Mangontan. Menurut dia, anggaran yang diajukan Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebesar Rp70 miliar untuk kelanjutan pembangunan stadion tersebut sangat minim.

Menurutnya, dibutuhkan anggaran minimal Rp300 miliar untuk renovasi walaupun desainnya telah berubah total dari desain awal pada perencanaan menggunakan dana pinjaman PEN dari PT SMI.

"Kapan selesainya itu stadion. Mestinya di usulan minimal Rp120 miliar di awal, ini kan anggarannya multiyear," kata pengusaha asal Toraja ini menambahkan.

3. Pembangunan stadion sudah menghabiskan anggaran Rp23 miliar

Legislator Sulsel Desak Proyek Stadion Mattoanging LanjutDesain terbaru pembangunan Stadion Mattoanging Makassar. Dok. Dispora Sulsel

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat rapat paripurna menyampaikan bahwa pembangunan Stadion Mattoanging telah menghabiskan anggaran Rp22,3 miliar. Dana itu untuk penyusunan dokumen dan perencanaan sejak tahun 2019 hingga 2020 yang bersumber dari APBD tahun 2019-2020.

Untuk prakiraan kebutuhan anggaran pembangunan sesuai Detail Engineering Design (DED) sebesar Rp1,3 triliun. Sedangkan progres pembangunan saat ini memasuki tahapan persiapan lelang konstruksi.

"Dengan sumber pendanaan melalui Skema Pinjaman Daerah di khawatirkan akan membebani pembiayaan karena beban pengembalian pinjaman beserta bunganya akan di biayai dari APBD selama kurun waktu yang telah ditetapkan melalui perjanjian antara Pimpinan Daerah dan PT. SMI," kata Sudirman.

Baca Juga: Dispora Sulsel: Menpora Siap Bantu Pembangunan Stadion Mattoanging

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya