Kongres II, NasDem Sulsel Dukung Penuh Surya Paloh

Selain memilih ketua umum, NasDem bahas kebijakan strategis

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan mendukung penuh Surya Paloh memimpin kembali sebagai ketua umum. Surya dianggap tokoh yang paling layak menjadi nakhoda partai untuk lima tahun ke depan.

Partai NasDem akan menggelar Kongres II sekaligus peringatan hari ulang tahun ke-8 partai, di Jakarta, 8-11 November 2019. Dalam kongres, kader NasDem akan memilih ketua umum serta membahas konsolidasi seputar kebijakan strategis partai.

“Surya Paloh menjadi pemimpin yang baik selama ini, sehingga NasDem Sulsel seribu persen mendukungnya jadi ketua umum,” kata Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif di Makassar, Kamis (7/11).

Baca Juga: Bertema Restorasi Indonesia Maju, Kongres ke-2 Nasdem Bahas 4 Hal Ini

1. Kongres akan membahas transformasi kepengurusan NasDem

Kongres II, NasDem Sulsel Dukung Penuh Surya PalohIDN Times/Istimewa

Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate, dalam keterangan tertulisnya, menyebut sejumlah agenda penting yang akan digelar pada acara nanti. Kongres II NasDem mengusung tema ‘Restorasi untuk Indonesia Maju’. Menurut Johnny, tema itu sejalan dengan Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Joko Widodo.

Agenda utama berupa pemilihan dan penetapan Ketum NasDem periode 2019-2024. Ketua umum terpilih memiliki mandat penuh menyusun dan menetapkan kepengurusan NasDem dari tingkat pusat hingga daerah, mulai dari DPW di tingkat provinsi dan DPD di tingkat kabupaten kota. 

Selain memilih ketua umum, kongres itu juga juga akan membahas konsolidasi tentang transformasi kepengurusan dan kebijakan strategis partai. Johnny menjelaskan, NasDem nantinya akan didorong menjadi partai modern yang jadi sumber rekrutmen. NasDem diharapkan bakal menyediakan politisi-politisi nasional lewat proses pengkaderan politik nasional.

"Kongres ke-II merupakan satu event politik NasDem yang sangat strategis. Kongres dengan materi dasar menginginkan NasDem menjadi partai yang modern demi kemajuan demokrasi di Indonesia," kata Johnny. 

2. Baru satu nama yang muncul sebagai calon ketua

Kongres II, NasDem Sulsel Dukung Penuh Surya PalohIDN Times/Arief Rahmat

Wakil Ketua SC Kongres II Partai NasDem Zulfan Lindan mengungkapkan bahwa sejauh ini baru Surya Paloh yang muncul sebagai nama calon ketua umum di periode mendatang. Tapi, NasDem tidak menutup kemungkinan munculnya calon lain yang ingin maju.

Jelang kongres, kata Zulfan, sekitar 70 persen DPD NasDem masih percaya terhadap Surya Paloh. “Kami juga memberikan suara seluas-luasnya kepada DPD untuk memberikan kritik," ucap Zulfan. 

3. Surya Paloh dianggap sebagai ruh Partai NasDem

Kongres II, NasDem Sulsel Dukung Penuh Surya PalohIDN Times / Istimewa

Syahar menyebut Surya Paloh merupakan ruh Partai NasDem. Sebab sang ketua umum dianggap telah membawa NasDem menjadi partai yang disegani dan disenangi masyarakat. 

Kesuksesan Partai NasDem di Sulsel, kata Syahar, tidak terlepas dari peran Surya Paloh. Di Sulsel, NasDem menempatkan kadernya pada sejumlah kursi pimpinan. Syaharuddin Alrif misalnya, menjadi wakil ketua DPRD Sulsel. Sedangkan di DPRD Kota Makassar, kader NasDem Rudianto Lallo jadi ketua.

"Surya Paloh membawa NasDem menjadi partai besar walaupun umurnya baru 8 tahun,” ucap Syahar.

4. Tiga gubernur dijadwalkan hadir, dibuka Gubernur Anies

Kongres II, NasDem Sulsel Dukung Penuh Surya PalohIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jelang Kongres II, sebanyak 7 ribu orang kader telah terdaftar sebagai peserta. Panitia juga telah mengundang Presiden Joko Widodo dan para ketua umum partai politik untuk hadir.

Kongres rencananya dihadiri oleh tiga gubernur. Yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Anies diundang dan akan memberikan sambutan selamat datang. Ini kan tuan rumah,” kata Zulfan.

Baca Juga: Kongres ke-2 NasDem, Ridwan Kamil hingga Khofifah Diagendakan Hadir 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya