Comscore Tracker

Ketua PAN: Pengganti Taufik Kurniawan Legislator Perempuan

Saat ini PAN menunggu keikhlasan Taufik untuk mundur

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan partainya segera memproses penggantian antar waktu terhadap kadernya yang menjabat Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan. Sebagai pengganti, Zulfkifli ingin menempatkan legislator perempuan pada jabatan Pimpinan DPR.

PAN berniat mengganti Taufik Kurniawan yang tengah diproses hukum setelah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap dari Bupati Kebumen Yahya Fuad dan Bupati Purbalingga Tasdi.

Menurut Zulkifli, penggantian diupayakan sebelum Pemilihan Umum 2019. "Kalau ditaruh, maka jadi satu-satunya pimpinan lembaga negara yang perempuan, dari Partai Amanat Nasional," kata Zulkifli pada Roadshow PAN di Makassar, Kamis (21/3).

1. Zulkifli belum ungkap nama calon pengganti Taufik

Ketua PAN: Pengganti Taufik Kurniawan Legislator PerempuanANTARA FOTO/Wibowo Armando

Zulkifli Hasan mengungkapkan rencana penggantian Taufik Kurniawan melalui forum bertajuk "Pemilu 2019: Zaman Emak-emak." Dia menyatakan partainya ingin memberi kesempatan kepada kader perempuan agar berperan lebih besar di lembaga negara.

Meski begitu, dia belum mengungkapkan siapa kader yang dimaksud. Zulkifli ingin lebih dulu memastikan proses penggantian berjalan lancar. Karena PAN dianggap punya banyak kader yang layak, termasuk dari kalangan perempuan.

Baca Juga: PAN Copot dan Ganti Posisi Taufik Kurniawan di DPR

2. Taufik Kurniawan diharap mundur dengan legowo

Ketua PAN: Pengganti Taufik Kurniawan Legislator PerempuanIDN Times/Yogi Pasha

Zulkifli mengatakan, saat ini PAN menunggu keikhlasan Taufik untuk mundur. Persetujuan Taufik menjadi penting sebagai syarat penggantian antar waktu di DPR RI. Zul berencana menemui Taufik dalam waktu dekat untuk meminta kesediaannya.

"Syarat penggantian, beliau harus setuju diganti. Karena kalau tidak setuju, bisa panjang prosesnya. Bisa tidak kelar sampai periode masa jabatan selesai," ucapnya.

Baca Juga: Taufik Kurniawan Merasa Kasus Korupsinya Telah Direkayasa

3. PAN hadirkan Rocky Gerung dan Eep Saefullah di Makassar

Ketua PAN: Pengganti Taufik Kurniawan Legislator PerempuanIDN Times / Aan Pranata

PAN menggelar roadshow di Makassar yang dihadiri kader, relawan, dan calon legislator. Zulkifli Hasan berbicara pada pidato kerakyatan dan keumatan.

Pada acara yang sama, digelar forum bertajuk Pikiran, Akal, dan Nalar. Founder lembaga konsultan politik Pollmark Indonesia Eep Saefullah dan pengamat politik Rocky Gerung dihadirkan sebagai pembicara. Mereka membahas peta politik jelang pemungutan suara Pemilu 2019.

4. PAN Sulsel ingin bertahan di tiga besar

Ketua PAN: Pengganti Taufik Kurniawan Legislator PerempuanIDN Times / Aan Pranata

Baca Juga: Tips Puas Menjelajah Sulawesi Selatan dalam Tiga Hari

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Sulsel Ashabul Kahfi menyatakan partainya terus tancap gas menggaet dukungan. Jelang Pemilu, dia optimistis partainya bisa berjaya. Targetnya, tiga besar pada perolehan suara tingkat provinsi.

"Setidaknya kami ingin mempertahankan posisi di tiga besar. Tapi kami menargetkan penambahan kursi di DPRD dari sembilan menjadi sepuluh," kata dia.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya