Ketua KPU Sulawesi Selatan Dikabarkan Mundur, Ini Kata Komisioner

Belum ada keterangan resmi

Makassar, IDN Times - Misna M Hattas dikabarkan mengundurkan diri dari jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan. Menurut sumber IDN Times, keputusan itu disampaikan dalam rapat pleno KPU Sulsel, Jumat (22/11).

1. Belum ada penjelasan resmi dari KPU

Ketua KPU Sulawesi Selatan Dikabarkan Mundur, Ini Kata KomisionerIDN Times / Aan Pranata

IDN Times menghubungi sejumlah anggota KPU Sulsel maupun pejabat Sekretariat. Namun belum ada yang membenarkan soal kabar tersebut.

Anggota KPU Sulsel Asram Jaya yang merespons pertanyaan via WhatsApp, tidak membantah soal mundurnya Misna. Namun dia juga enggan berbicara banyak.

"Tunggu informasi resmi dari KPU," kata Asram, Sabtu (23/11) malam.

2. KPU dikabarkan telah menunjuk ketua baru

Ketua KPU Sulawesi Selatan Dikabarkan Mundur, Ini Kata KomisionerIDN Times/Sukma Shakti

Menurut informasi yang beredar di internal KPU Sulsel, Misna M Hattas telah melaporkan pengunduran dirinya kepada KPU RI. Komisioner yang terdiri dari tujuh orang juga telah menunjuk ketua baru lewat rapat pleno.

Kabarnya, para komisioner sepakat menunjuk Faisal Amir untuk menjabat Ketua KPU Sulsel di sisa masa jabatan periode 2018-2023. Namun IDN Times belum memperoleh keterangan resmi soal itu. Asram pun enggan menjelaskan soal itu.

"Saya belum bisa komentar karena mekanisme masih berproses," ucapnya.

3. Misna baru menjabat satu tahun lebih

Ketua KPU Sulawesi Selatan Dikabarkan Mundur, Ini Kata KomisionerIDN Times / Aan Pranata

Misna M Hattas menjabat Ketua KPU Sulsel sejak April 2018. Dia bersama enam orang lain dipilih oleh KPU RI menjadi komisioner, setelah melalui tahapan seleksi. Misna terpilih untuk kali kedua, setelah turut jadi komisioner di periode 2013-2018.

Sebelumnya, Misna pernah menjabat Ketua KPU Makassar di tahun 2008-2013. Dia juga tergabung dalam Panwas Pemilukada Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2007.

Baca Juga: Sengketa Pilpres, KPU Sulsel Bawa 60 Boks Form Rekapitulasi ke MK  

4. Sulsel tengah bersiap menyambut pilkada serentak tahun 2020

Ketua KPU Sulawesi Selatan Dikabarkan Mundur, Ini Kata KomisionerIlustrasi bakal calon wakil bupati perempuan.IDN Times/Sukma Shakti

Kabar mundurnya Misna M Hattas tersiar di tengah persiapan KPU menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak. Pada tahun 2020, pilkada digelar di 12 kabupaten/kota se-Sulsel.

Pemungutan suara pilkada serentak digelar 23 September 2020. Namun KPU di masing-masing daerah sudah menggelar sejumlah tahapan sejak jauh hari. Belum diketahui apa pengaruh penggantian ketua di KPU Sulsel terhada penyelenggaraan pilkada.

Baca Juga: KPU Sulsel Minta Bantuan Makan dan Minum ke Pemprov

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya