Kapolda Jenguk Polisi Pencoret Kantor Polres Luwu di RS Dadi Makassar

Kesehatan kejiwaan Aipda HR masih diobservasi

Makassar, IDN Times - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Nana Sudjana mengunjungi Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar, Senin malam (17/10/2022). Dia menjenguk Aipda HR, polisi yang mencoret-coret dinding kantornya, Polres Luwu, beberapa hari lalu.

Polres Luwu menahan Aipda HR usai kejadian dengan indikasi dia mengalami gangguan jiwa. Untuk Dia kini dirujuk ke RS Dadi Makassar untuk diperiksa lebih lanjut kejiwannya.

“Ya betul tadi malam Kapolda Sulsel datang melihat kondisi Aipda H,” kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Polres Luwu Dicoret-coret "Sarang Korupsi", Pelaku Orang Dalam

1. Kejiwaan Aipda HR masih diobservasi

Kapolda Jenguk Polisi Pencoret Kantor Polres Luwu di RS Dadi MakassarOknum polisi di Luwu coret dinding Polres, Sabtu (15/10/2022). (Istimewa)

Kabid Humas menerangkan, saat dikunjungi Kapolda, Aipda HR terlihat sehat. Namun pihak rumah sakit masih mengobservasi kejiwaannya secara medis berkelanjutan.

Sebelumnya, Kapolres Luwu AKBP Arisandi menyebut Aipda HR pernah menjalani perawatan kejiwaan di rumah sakit daerah setempat.

"Anggota polisi ini sudah lama terindikasi mengalami gangguan kejiwaan, psikotik akut kalau tidak salah. Dia yang lakukan coret-coret itu," kata Arisandi.

2. Kantor Polres Luwu dicoret "Sarang Korupsi"

Kapolda Jenguk Polisi Pencoret Kantor Polres Luwu di RS Dadi MakassarOknum polisi di Polres Luwu coret dinding kantor sendiri, Sabtu (15/10/2022). (Istimewa)

Beredar gambar gedung Kantor Polres Luwu, Sulawesi Selatan penuh coretan, Sabtu (15/10/2022). 

Ada beberapa bagian gedung kantor di Jalan Merdeka Selatan, Belopa, yang dicoret dengan cat semprot. Coretan antara lain berupa tulisan "Sarang Korupsi" dan "Sarang Pungli". Coretan juga terpampang di sisi samping sebuah mobil polisi dengan tulisan 

Kapolres Luwu AKBP Arisandi membenarkan soal foto-foto yang beredar. Dia menyebut pelakunya salah satu petugas kepolisian setempat.

"Jadi orang yang menulis itu anggota saya (Polres Luwu) sendiri," kata AKBP Arisandi saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu.

Arisandi tidak mengungkapkan lebih lanjut motif dan alasan di balik pencoretan dinding Polres Luwu. Namun, dia mengatakan, pelaku sudah beberapa kali terlibat masalah, baik di kantor maupun tempat tinggalnya.

"Pernah ribut sama warga, ribut sama temannya. Nah untuk corat-coret ini kejadiannya itu memang hari ini kejadiannya," katanya.

3. Kapolri mau Propam selidiki

Kapolda Jenguk Polisi Pencoret Kantor Polres Luwu di RS Dadi MakassarJumpa pers Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit umumkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J. (dok. Humas Polri)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespons kasus coretan 'Sarang Pungli' di Polres Luwu, Sulawesi Selatan. Dia menugaskan Kadiv Propam untuk mendalami asal-muasal munculnya coretan tersebut.

"Ada masukan dari personel Polri dan masyarakat akan hal tersebut. Oleh sebab itu, saya sudah instruksikan kepada Kadiv Propam dan jajarannya untuk mendalami munculnya tulisan tersebut," kata Sigit, Senin (17/10/2022).

Sigit juga menugaskan Kapolda Sulsel untuk mendalami coretan-coretan di markas komando Polres Luwu tersebut.

"Kapolda juga sudah saya minta untuk bergerak langsung mengusut hal tersebut," ujar Sigit.

Baca Juga: Kapolri Minta Propam Selidiki Coretan Sarang Pungli di Polres Luwu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya