Jadwal dan Lokasi Pengamatan Hilal 1 Ramadan di Makassar

Untuk penentuan awal Ramadan 1445 Hijriah

Makassar, IDN Times - Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal awal Ramadan pada 10 Maret 2024, bertepatan dengan 29 Syakban 1445 Hijriah. Pemantauan hilal digelar di 134 titik se-Indonesia, termasuk Makassar.

Di Kota Makassar, pemantauan hilal dipusatkan di atap Mall GTC, Jalan Metro Tanjung Bunga. Selain di Makassar, pemantauan hilal di Sulawesi Selatan juga digelar di Appabatu, Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Kepulauan Selayar.

"Apa pun hasilnya penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal 1445 H bisa membawa kemaslahatan ummat dan menunggu hasil keputusan sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI," kata Plt Kepala Kantor Wilayah kemenag Sulsel Ali Yafid dalam keterangan yang dikutip, Rabu (21/2/2024).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, pengamatan hilal akan dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1445 H dilakukan dengan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis atau hisab, serta hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan hilal. Secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Minggu, 10 Maret 2024 M atau bertepatan 29 Syakban 1445 H.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya