Hindari Macet di Jalan AP Pettarani, Ini Alternatifnya

Banyak rute yang menghubungkan wilayah utara dan selatan

Makassar, IDN Times - Jalan AP Pettarani Makassar sejak Agustus 2018 bukan jalur yang ramah bagi pengendara. Arus lalu lintas tersendat di beberapa titik karena sebagian badan jalan ditutup untuk kepentingan proyek pembangunan jalan tol layang.

Pembangunan infrastruktur tol layang rencananya dikerjakan selama 22 bulan. Selama itu, lalu lintas di AP Pettarani praktis terhambat. Jika tidak ingin waktu terbuang di jalan akibat macet, sebaiknya ketahui jalur-jalur alternatif di sekitarnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel, sejak beberapa bulan lalu telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar menghindari jalan AP Pettarani selama masa pengerjaan proyek. Jalan alternatif ini terutama untuk menghubungkan wilayah utara di sekitar jalan Urip Sumoharjo dan wilayah selatan di sekitara jalan Sultan Alauddin. Berikut beberapa pilihannya:

1. Dari Urip Sumoharjo ke Sultan Alauddin atau sebaliknya

Hindari Macet di Jalan AP Pettarani, Ini AlternatifnyaDitlantas Polda Sulsel

Dari jalan Urip Sumoharjo, arahkan kendaraan ke pertigaan PLTU jalan dr Leimena. Selanjutnya belok kanan ke jalan Abdullah Daeng Sirua hingga perempatan SMA 5. Belok kiri ke jalan Batua Raya, selanjutnya susur jalan Toddopuli Raya. 

Di ujung jalan Toddopuli Raya, berbelok sedikit ke kiri untuk memutar balik menuju jalan Tamalate 1. Belok ke jalan Bonto Daeng Ngirate dan ke kiri di jalan Monumen Emmy Saelan hingga selesai pertigaan jalan Sultan Alauddin.

Hindari Macet di Jalan AP Pettarani, Ini AlternatifnyaPexels.com/ Aayush Srivastava

Di rute ini banyak alternatif. Jika lalu lintas padat di jalan Toddopuli, anda bisa menempuh jalan Pengayoman untuk selanjutnya berbelok ke jalan Hertasning hingga ke Tamalate 1.

Dari jalan Urip Sumoharjo, Anda juga bisa memulai rute alternatif dari jalan Taman Makam Pahlawan atau jalan Racing Center yang sama-sama menembus jalan Abdullah Daeng Sirua. Selebihnya menempuh jalur yang sama.

Baca Juga: Budaya Makassar dalam Lukisan Tanah Zaenal Beta

2. Dari Tol Reformasi ke Sultan Alauddin atau sebaliknya

Hindari Macet di Jalan AP Pettarani, Ini AlternatifnyaPixabay.com/siobhandolezal

Jalur ini tidak jauh berbeda dari alternatif pertama. Keluar dari tol Reformasi pintu , belokkan kendaraan ke kiri ke Urip Sumoharjo. Putar balik untuk masuk ke jalan Taman Makam Pahlawan atau jalan Racing Center. Susur jalan Abdulllah daeng Sirua menuju Hertasning, Tamalate, Monumen Emmy Saelan, hingga Sultan Alauddin.

Pilihan lainnya, keluar dari pintu tol jalan Pannampu. Selanjutnya tempuh jalan Tinumbu ke jalan Bandang hingga ujung Veteran Selatan yang berpotongan dengan Sultan Alauddin.

3. Dari Sultan Alauddin ke Tol Reformasi

Hindari Macet di Jalan AP Pettarani, Ini AlternatifnyaAnders Jacobsen

Ada dua pilihan untuk rute ini. Yang pertama, dari jalan Sultan Alauddin menuju jalan Andi Tonro lalu belok ke jalan Kumala. Terus hingga jalan Veteran Utara sebelum masuk ke jalan Bandang, Tentara Pelajar, dan pintu tol di jalan Nusantara.

Alternatif kedua, dari ujung jalan Veteran Utara berbelok ke jalan Masjid Daya. Terus ke jalan Urip Sumoharjo dan belok masuk ke pintu tol.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi di Akhir Tahun, Waspadai Banjir di Makassar

Topik:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya