Comscore Tracker

Hasil Rekapitulasi: Prabowo Unggul 57,8 Persen di Makassar

Tiga partai berpeluang duduki posisi Ketua DPRD Makassar

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan merampungkan rekapitulasi hasil Pemilihan Umum 2019, Kamis (16/5). KPU Makassar menetapkan hasil Pemilu untuk Pemilihan Presiden, Pemilihan Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Makassar, dan DPD RI.

Rekapitulasi tingkat Makassar berakhir setelah melewati perpanjangan waktu, dari tenggat awal pada 8 Mei 2019. Sebelumnya digelar sinkronisasi data hasil pemilu pada 15 kecamatan dan 153 kelurahan.

“Alhamdulillah rekapitulasi Makassar sudah selesai. Semalam kita gelar secara maraton supaya hari ini bisa langsung masuk ke (rekapitulasi) provinsi,” kata Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar.

Baca Juga: Hari Ini KPU Pusat Rekapitulasi Suara dari Provinsi Sulawesi Selatan

1. Prabowo-Sandi kumpulkan 416.990 suara

Hasil Rekapitulasi: Prabowo Unggul 57,8 Persen di MakassarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Berdasarkan data rekapitulasi hasil Pemilu di 15 kecamatan, KPU Makassar menetapkan pasangan calon presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meraih total 416.990 suara. Jumlah itu sebanding dengan 57,8 persen dari total 721.105 suara sah.

Pasangan Joko Widodo - Ma’ruf Amin, meraih 42,2 persen, yakni total 304.115 suara. Pada Pilpres, terdapat 9.299 suara tidak sah di Makassar.

2. Tingkat partisipasi pemilih meningkat

Hasil Rekapitulasi: Prabowo Unggul 57,8 Persen di MakassarIDN Times/Arief Rahmat

Pada Pilpres tahun 2019, pemilih di Kota Makassar berjumlah 1.050.198 orang. Dan 730.404 orang, sebanyak 69,5 pemilih persen menggunakan hak pilihnya.

Tingkat partisipasi pemilih meningkat dibandingkan Pilpres sebelumnya di tahun 2014. Saat itu jumlah pemilih 1.053.307 orang. Sedangkan pengguna hak pilih sebanyak 636.802 orang atau 60,4 persen. 

3. Golkar tergusur dari posisi Ketua DPRD Makassar

Hasil Rekapitulasi: Prabowo Unggul 57,8 Persen di MakassarIDN Times/Aan Pranata

Selain merampungkan hasil Pemilihan Presiden, KPU Makassar juga menetapkan hasil Pemilihan Anggota DPRD Kota Makassar. Sebanyak 50 orang dari 12 partai politik dipastikan melenggang ke parlemen usai meraih suara terbanyak di lima daerah pemilihan.

Partai Golkar yang menempatkan legislatornya sebagai ketua DPRD periode 2014-2019, pada Pemilu kali ini harus terpental. Sebab mereka hanya mampu menempatkan lima wakilnya.

Posisi ketua DPRD Makassar akan diperebutkan tiga partai yang meraih kursi terbanyak, yakni PDIP, Demokrat, dan NasDem. Mereka sama-sama menempatkan enam orang legislator.

4. Rekapitulasi tingkat Provinsi Sulsel ditarget rampung hari ini

Hasil Rekapitulasi: Prabowo Unggul 57,8 Persen di MakassarRekapitulasi nasional (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, pada Kamis (16/5) hasil Pemilu di Makassar akan langsung dibacakan pada rekapitulasi tingkat provinsi. Rekapitulasi digelar di Hotel Harper, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Makassar satu-satunya daerah tersisa yang belum selesai membacakan hasil rekapitulasi di tingkat provinsi. Sebelumnya, 23 kabupaten/kota lain telah lebih dulu selesai. Targetnya, rekapitulasi selesai pada hari yang sama agar bisa langsung diteruskan ke tingkat nasional.

“Karena KPU Sulsel juga dikejar waktu untuk menyelesaikan rekapnya,” kata Gunawan.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You