Comscore Tracker

Dijegal Mulan Jameela Cs, Caleg Terpilih Gerindra Masih Bisa Dilantik

Misriani menggugat balik Gerindra di PN Jakarta Selatan

Makassar, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sulawesi Selatan masih membuka peluang calon legislator terpilih Misriani Ilyas untuk duduk di DPRD Provinsi. Misriani dipecat oleh DPP Gerindra sehari sebelum pelantikan DPRD pada 24 September 2019, sehingga tak diikutkan dalam prosesi sumpah jabatan. 

Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, partainya bakal bersikap sesuai petunjuk hukum. Saat ini Misriani tengah menggugat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait pemecatannya oleh partai. Jika gugatan dikabulkan, Gerindra bisa memulihkan statusnya sebagai kader, termasuk sebagai legislator terpilih.

“Kita paham bahwa proses hukum tetap berjalan. Kalau proses hukumnya memerintahkan kami selaku partai, pasti kita akan melaksanakan,” kata Iwan usai dilantik sebagai Ketua DPD Gerindra Sulsel di Makassar, Senin (25/11).

1. Gerindra memecat Misriani berdasarkan gugatan Mulan Jameela Cs

Dijegal Mulan Jameela Cs, Caleg Terpilih Gerindra Masih Bisa DilantikKetua DPRD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras. IDN Times/Aan Pranata

Usai Pemilihan Umum 2019, sebanyak 14 caleg Gerindra yang tidak terpilih, menggugat DPP partai, dan menuntut agar dilantik sebagai anggota legislatif. Para penggugat termasuk R Wulansari alias Mulan Jameela di DPR RI, dan Adam Muhammad di DPRD Sulsel.

Gugatan 14 caleg diterima PN Jaksel, lewat putusan bernomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Gerindra kemudian mengakomodir para penggugat tersebut dengan memecat caleg terpilih, termasuk Misriani.

2. Misriani tengah menggugat balik Gerindra di PN Jaksel

Dijegal Mulan Jameela Cs, Caleg Terpilih Gerindra Masih Bisa DilantikIDN Times/Arief Rahmat

Sejak beberapa waktu lalu, Misriani dan sejumlah caleg terpilih Gerindra mengajukan gugatan balik kepada partai di PN Jakarta Selatan. Sejauh ini proses hukum masih berjalan.

Iwan mengatakan, DPP Gerindra akan menunggu apa pun putusan pengadilan. Adapun DPD Gerindra Sulsel bakal menjalankan apa yang diperintahkan oleh DPP.

“Kalau kemudian ada upaya gugatan hukum lain yang mereka lakukan, lantas dimenangkan pengadilan, kami tentu juga akan patuh dan tunduk pada putusan pengadilan,” ucap Iwan.

Baca Juga: 83 Legislator Sulsel Dilantik, Dua Batal

3. Gerindra sudah siapkan pengganti Misriani

Dijegal Mulan Jameela Cs, Caleg Terpilih Gerindra Masih Bisa DilantikIDN Times/Aan Pranata

Misriani Ilyas lolos mewakili Gerindra di DPRD Sulsel, melalui daerah pemilihan Makassar II. Saat pelantikan, posisinya lowong, seperti halnya caleg terpilih PDIP Sulsel Novianus Patanduk yang dipecat partai.

Iwan mengatakan, saat ini proses penggantian Misriani oleh Adam Muhammad di DPRD Sulsel masih berjalan. Namun belum dipastikan kapan pelantikan digelar.

“Prosesnya sudah jalan. Setahu kami di KPU pusat, dan sudah turun di provinsi,” Iwan menerangkan.

4. Misriani berharap KPU melindungi amanah rakyat

Dijegal Mulan Jameela Cs, Caleg Terpilih Gerindra Masih Bisa DilantikMisriani Ilyas. Dok. Facebook

Dihubungi terpisah, Misriani Ilyas meminta KPU Sulsel bersikap bijak dengan tidak memproses penggantian dirinya sebagai caleg terpilih. KPU dianggap sebagai lembaga paling berkompeten dalam menjaga kedaulatan rakyat.

Misriani berharap KPU menjaga amanah rakyat, yang telah menentukan wakil pilihannya di parlemen. Sebelum dipecat partai, dia sudah ditetapkan secara resmi sebagai caleg terpilih.

“Dengan ditetapkannya amggota legislatif oleh KPU, berarti itulah kedaulatan rakyat yang harus dijaga dan dilindungi, tidak boleh lagi digantikan,” katanya.

Sejauh ini KPU Sulsel belum bersedia berkomentar soal polemik Misriani Ilyas. “Tunggu saja kalau sudah ada penetapannya. Ini masih berproses,” kata Plt Ketua KPU Sulsel Faisal Amir.

Baca Juga: Ketua Baru Gerindra Sulsel Target Menangi 6 dari 12 Pilkada    

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya