Comscore Tracker

Densus 88 Tangkap Tiga Eks Petinggi FPI Makassar

Mereka terperiksa untuk kasus yang melibatkan Munarman

Makassar, IDN Times - Petugas Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri dibantu Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, menangkap eks pimpinan organisasi Front Pembela Islam Cabang Kota Makassar. Mereka ditangkap terkait kasus dugaan terorisme yang melibatkan eks Sekretaris Umum FPI Munarman.

"Iya, benar ada tiga orang mantan petinggi FPI ditangkap tim di rumahnya masing-masing," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan dikutip dari Antara, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Pengacara Sebut Munarman Ditangkap Tanpa Ada Penetapan Tersangka

1. Tiga orang itu berstatus terperiksa

Densus 88 Tangkap Tiga Eks Petinggi FPI MakassarKabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan. IDN Times/Sahrul Ramadan

Tiga orang yang ditangkap tersebut masing-masing berinisial AR, MU, dan AS. Zulpan tidak menjelaskan lebih lanjut soal hubungan penangkapan mereka dengan jaringan terorisme di Makassar.

Zulpan menyatakan tiga orang masih berstatus terperiksa, dan masih akan menjalani serangkaian pemeriksaan dari penyidik Densus 88.

"Jelasnya mereka punya jabatan strategis. Informasinya, ada panglima, hingga ketua. Ini terkait dengan kasus pengembangan pemeriksaan dari Munarman," kata Zulpan.

2. Polisi geledah markas FPI di Makassar

Densus 88 Tangkap Tiga Eks Petinggi FPI MakassarSejumlah wartawan mengambil gambar bekas markas Front Pembela Islam (FPI) usai digeledah Tim Densus 88 Antiteror di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (4/5/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri bersama petugas Polda Sulawesi Selatan, menggeledah markas FPI di Jalan Sungai Limboto, Makassar, Selasa malam, 4 Mei 2021. Informasi itu dibenarkan Zulpan.

Pada penggeledahan itu, polisi menyita sejumlah barang dari lokasi. Antara lain satu kardus berwarna cokelat, plang nama, bungkusan plastik, dan spanduk bertuliskan logo dan nama FPI.

3. Ada 99 terduga teroris yang diringkus usai bom bunuh diri Makassar

Densus 88 Tangkap Tiga Eks Petinggi FPI MakassarPetugas kepolisian berjaga di lokasi dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sebelumnya tim Densus 88 telah menangkap 99 orang terduga teroris pascaperistiwa bom bunuh diri di Makassar. Mereka ditangkap di berbagai daerah di Indonesia. Rinciannya, NTT 5, Jakarta 12, Makassar 55, Jawa Timur 5, Jawa Barat 6, Jawa Tengah 6, Bekasi 1, dan Yogyakarta 9. 

"Densus 88 Antiteror Polri terus melakukan kegiatan tindakan kepolisian dalam rangka mencegah aksi-aksi terorisme di Tanah Air," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 30 April 2021.

Baca Juga: Mendadak, Densus 88 Geledah Bekas Markas FPI Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya