Comscore Tracker

Deklarasi Relawan Nelayan untuk Ganjar Berlanjut di Pangkep

Relawan kelompok nelayan dibentuk di beberapa daerah Sulsel

Makassar, IDN Times - Penggalangan dukungan masyarakat nelayan untuk kandidat calon presin Ganjar Pranowo berlanjut di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Kamis (4/8/2022), ratusan nelayan di Kampung Solo, Kecamatan Pangkajene, mendeklarasikan dukungannya.

Sekretaris Wilayah relawan Kelompok Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan Fikar Gie mengatakan, deklarasi ini jadi rangkaian sosialisasi sekaligus pembagian bantuan sembako. Pihaknya sengaja membentuk kelompok-kelompok relawan nelayan di berbagai daerah sebagai bentuk dukungan bagi Ganjar mencalonkan diri di Pemilihan Presiden 2024.

"Pembentukan kelompok nelayan sudah dilakukan di beberapa kabupaten, dari Bantaeng, Jeneponto, Talakar, Gowa, Kota Makassar, Maros dan ini yang baru terbentuk hari ini di Kabupaten Pangkep. Kami ingin bapak Ganjar Pranowo maju sebagai Presiden kita," kata Fikar lewat keterangan persnya, Kamis.

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

1. Ganjar dianggap peduli masyarakat pesisir

Deklarasi Relawan Nelayan untuk Ganjar Berlanjut di PangkepGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Gie mengatakan, dukungan kaum nelayan tak terlepas dari jejak rekam Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu disebut begitu peduli kepada masyarakat pesisir, terutama nelayan. Itu terbukti lewat berbagai kebijakan yang mampu memperbaiki kesejahteraan.

Salah satunya, kata Fikar, adalah program asuransi kecelakaan bagi nelayan. Program itu menjamin tanggungan bagi nelayan yang mengalami kecelakaan, baik di laut maupun di darat. Saat ini sekitar 10 ribu nelayan se-Jateng sudah terjangkau Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN).

"Harapan kami sebagai komunitas nelayan pesisir pantai agar bapak Ganjar Pranowo maju dan terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029," kata Fikar.

2. Komunitas relawan sekaligus kelompok diskusi

Deklarasi Relawan Nelayan untuk Ganjar Berlanjut di PangkepPenyerahan bantuan sembako pada rangkaian deklarasi dukungan kelompok nelayan untuk Ganjar Pranowo di Pangkep, Sulawesi Selatan. (Dok. Istimewa)

Fikar menyatakan deklarasi dan sosialisasi Ganjar sebagai kandidat capres bakal berlanjut di daerah lain di Sulsel. Selain jadi ajang menggalang dukungan, pembentukan perkumpulan juga dimaksudkan untuk meningkatkan gotong royong, mendongkrak pendapatan, dan menjadi wadah untuk memecahkan masalah nelayan.

"Ke depan kami akan berkeliling Sulsel untuk membentuk komunitas-komunitas lainnya, komunitas nelayan dan insya Allah kami akan blusukan ke semua kabupaten di Sulsel," kata Fikar.

3. Masyarakat pesisir berharap perhatian

Deklarasi Relawan Nelayan untuk Ganjar Berlanjut di PangkepIlustrasi nelayan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Salah seorang nelayan Kampung Solo, Wahyu (28) mengapresiasi langkah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel menjaring dukungan dan animo masyarakat setempat. Dia berharap, kelak pemimpin yang baru bisa hadir lebih dekat dengan masyarakat. 

"Semoga bisa terus diperhatikan masyarakat pesisir. Menurut saya Pak Ganjar itu beliau telah dikenal pemimpin yang amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif," katanya.

Menurut Wahyu, Ganjar adalah figur pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Indonesia di era mendatang. Kepeduliannya terhadap masyarakat bisa dilihat sejak Ganjar menjabat sebagai anggota legislatif maupun eksekutif daerah di Jawa Tengah.

Tokoh Kampung Solo, Aji Sahabuddi (39) menyatakan selalu mengikuti rekam jejak Ganjar Pranowo melalui berbagai media. Menurutnya, sikap Ganjar yang merakyat membuatnya gampang disukai berbagai elemen masyarakat.

"Gaya kepemimpinannya sama seperti pak Jokowi, dia merakyat dan masyarakat banyak yang suka. Kita minta di sini warga nelayan bagaimana kesejahteraan bisa meningkatkan dan alat tangkapnya supaya bisa dibantu," kata Aji.

Baca Juga: Srikandi Dekatkan Ganjar ke Millennials lewat Seni dan Musik

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya