Daeng Mile, Calon Haji Tertua Berusia 90 Tahun dari Makassar

82 dari 388 anggota kloter jemaah I merupakan lansia

Makassar, IDN Times - Sebanyak 388 anggota kelompok terbang pertama memasuki Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa pagi (23/5/2023). Jemaah haji asal Kota Makassar itu rencananya diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/5/2023) pukul 1.55 Wita.

Jemaah kloter I akan didampingi lima petugas. Di antara rombongan terdapat 82 orang lanjut usia dengan umur antara 65 hingga 90 tahun. Dengan rincian 32 laki-laki dan 50 perempuan.

Baca Juga: Jemaah Kloter I Masuk Asrama Haji Makassar, Besok Terbang ke Madinah

1. Calon haji tertua menabung 10 tahun

Daeng Mile, Calon Haji Tertua Berusia 90 Tahun dari MakassarDaeng Mile, calon haji tertua berusia 90 tahun yang tergabung dalam Kloter I Embarkasi Makassar tahun 2023. (Dok. Kemenag Sulsel)

Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Mawardi Siradj mengatakan, di antara jemaah kloter haji terdapat calon haji tertua asal Makassar. Dia adalah Daeng Mile Kobang dengan usia 90 tahun.

Daeng Mile sehari-hari bekerja sebagai penjual bambu. "Biaya hajinya hasil menabung selama 10 tahun," kata Mawardi, Selasa.

Tahun ini Makassar mendapatkan kuota pemberangkatan haji 1.150 orang. Jemaah asal Makassar terbagi dalam 13 kloter berbeda.

2. PPIH Makassar terapkan One Stop Service demi jemaah lansia

Daeng Mile, Calon Haji Tertua Berusia 90 Tahun dari MakassarJemaah haji kloter pertama Embarkasi Makassar memasuki Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kloter I dijadwalkan terbang ke Arab Saudi, Rabu dini hari (24/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menerapkan sistem One Stop Service pada penyambutan jemaah haji untuk mendukung slogan penyelenggaran haji tahun ini, yaitu "Haji Ramah Lansia". Sekertaris PPIH Embarkasi Makassar H. Ali Yafid menyampaikan bahwa sistem itu diterapkan agar waktu layanan lebih efektif dan efisien.

"Sehingga jemaah haji kita memiliki banyak waktu untuk istirahat dan manasik selama di asrama haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci," kata Ali.

One Stop Service meliputi pembagian lembar akomodasi, penyerahan gelang identitas jemaah haji, penyerahan living cost dan pemeriksaan kesehatan di satu lokasi yang sama yakni Aula Arafah Asrama haji. Khusus untuk lansia, PPIH menerapkan layanan "jemput bola”, yaitu memberikan layanan kepada jemaah lansia secara khusus di semua tahapan pelayanan saat penerimaan.

"Tanpa memakan waktu yang lama, prosesi penerimaan jemaah haji di Aula Arafah sudah selesai, dan jemaah langsung diantar ke wismanya masing masing oleh panitia dengan menggunakan kendaraan operasional asrama haji. Dan mengutamakan mobilisasi buat lansia, termasuk barang atau koper bawaannya," Ali menambahkan.

3. Persiapan final jemaah haji di asrama sebelum terbang ke Tanah Suci

Daeng Mile, Calon Haji Tertua Berusia 90 Tahun dari MakassarPelayanan bagi jemaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (23/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

PPIH Embarkasi Makassar mengurusi pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dari delapan provinsi tahun ini. Jumlahnya 15/935 termasuk petugas pendamping. Menurut data, jemaah terbanyak berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, yaitu 7.321.

Jumlah jemaah asal provinsi lain, masing-masing, Gorontalo 978, Sulawesi Tenggara 2.019, Maluku 1.086, Maluku Utara 1.076, Sulawesi Barat 1.453, Papua 1.076, dan Papua Barat 723.

Kepala bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel H. Ikbal Ismail mengatakan bahwa sejumlah inovasi telah disiapkan oleh PPIH Embarkasi Makassar. Pada struktur PPIH, tahun ini ada bidang khusus yang menangani jemaah lansia.

Selain Istirahat, selama di Asrama Haji Sudiang, jemaah haji akan menjalani sejumlah kegiatan. "Di antaranya pembinaan ketua regu dan rombongan, bimbingan manasik haji seperti tawaf, sa'i, melontar jamarat serta di mock up pesawat, untuk lebih memantapkan pengetahuan dan wawasan perhajian jemaah, kata Ikbal.

Baca Juga: Jadwal Berangkat Jemaah Haji dari 8 Provinsi di Embarkasi Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya