Basarnas Sulsel Siaga SAR Khusus saat Natal dan Tahun Baru

Personel SAR disiapkan untuk situasi kedaruratan

Makassar, IDN Times - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan menggelar Siaga SAR Khusus pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Personel dan alat disiagakan saat pergerakan orang meningkat.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel Djunaidi mengatakan, Siaga SAR Khusus dilaksanakan serentak di seluruh Kantor SAR se-Indonesia.

"Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru dilaksanakan selama 16 hari, dari 19 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023," kata Djunaidi dalam keterangannya kepada wartawan, yang diterima, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: Rawan Bencana di Musim Hujan, Tim SAR Basarnas Sulsel Siaga 24 Jam

1. Personel SAR siaga di masa mudik

Basarnas Sulsel Siaga SAR Khusus saat Natal dan Tahun BaruKepala Basarnas Sulsel Djunaidi/Basarnas Sulsel

Djunaidi mengatakan, dimulainya pelaksanaan Siaga SAR Khusus ditandai dengan apel pada Senin 19 Desember 2022. Dia menyampaikan, pelaksanaan operasi untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat pada masa libur yang banyak digunakan untuk mudik.

“Puncak arus mudik Natal diperkirakan pada 23 sampai  24 Desember 2022 dan puncak arus balik tanggal 25 sampai 26 Desember 2022,” kata Djunaidi.

2. Seluruh pos SAR se-Sulsel siap melayani masyarakat

Basarnas Sulsel Siaga SAR Khusus saat Natal dan Tahun BaruIlustrasi (IDN Times/Basarnas Makassar)

Djunaidi mengatakan, seluruh tim Basarnas di Sulsel bersiap menjalankan tugas SAR jika dibutuhkan. Seluruh pos yang ada di Sulsel juga diaktifkan dengan peralatan yang disiapkan.

"Kita juga mobiling untuk pelaksanaan kegiatan SAR khusus ini. Semua peralatan disiapkan, demikian juga personel yang ahli," ucapnya.

3. Siaga SAR Khusus Nataru jadi agenda nasional

Basarnas Sulsel Siaga SAR Khusus saat Natal dan Tahun BaruIlustrasi Tim SAR (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi membuka operasi Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 secara virtual, Senin (19/12/2022). Siaga SAR Khusus tersebut rutin dilaksanakan dalam rangka memberikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa Basarnas dengan kekuatan personil, peralatan, maupun sarana prasarana yang dimiliki siap siaga menghadapi kedaruratan baik kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia.

“Orientasi Basarnas pada siaga SAR khusus Nataru tahun ini mewujudkan pelayanan SAR yang optimal melalui pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini secara profesional, sinergi, aman dengan prinsip Quick Response SAR,” kata Kabasarnas melalui Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Laksda TNI R Eko Suyatno.

Siaga SAR Khusus Nataru sebagai antisipasi adanya kedaruratan akibat peningkatan arus penumpang dan mobilitas masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas merayakan Natal dan Tahun Baru 2023. Dalam siaga ini, Basarnas menempatkan personel dan alat utama di lokasi-lokasi strategis seperti pelabuhan, ruas jalan tol, bandara, terminal bus dan tempat-tempat wisata.

Sementara jumlah personil yang terlibat dalam Siaga SAR Khusus Nataru sebanyak 4.000 personil dari pusat dan UPT dengan dukungan dari Potensi SAR sebanyak 11.755 personil. Terkait alut, Basarnas mengerahkan 5 helikopter dan alut laut sebanyak 209 unit. Sementara peralatan dan sarana darat meliputi rescue truck (personel), rescue car, rescue compartment, rescue trail, dan ATV.

“Kami siaga 24 jam nonstop, kepada masyarakat yang mengalami atau melihat kedaruratan mohon hubungi kami di 115,” kata Eko.

Baca Juga: Insiden Tarik Tambang IKA Unhas Sulsel, Seorang Peserta Meninggal

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya