Awal Pekan, Makassar Diprediksi Hujan pada Siang Hari

Hujan berpotensi turun di seluruh kecamatan

Makassar, IDN Times – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan prakiraan cuaca wilayah Sulawesi Selatan untuk Senin, 9 Desember 2019. Menurut hasil analisis cuaca, Kota Makassar dan sekitarnya diprediksi mengalami hujan pada siang hari.

BMKG memperkirakan hujan terjadi pada sebagian besar wilayah pesisir barat serta wilayah pegunungan di sisi barat.

"Berpotensi hujan ringan di wilayah Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Pinrang, Enrekang, Sidenreng, dan Watansoppeng,” kata Prakirawan BMKG Sulsel Nur Asia Utami kepada IDN Times, Minggu (8/12).

1. Hujan berpotensi turun di seluruh kecamatan

Awal Pekan, Makassar Diprediksi Hujan pada Siang HariDok. BMKG Sulsel

Menurut grafis prakiraan cuaca BMKG yang diterima IDN Times, seluruh dari 15 kecamatan di wilayah Kota Makassar berpotensi dilanda hujan pada Senin (9/12). Hujan umumnya diperkirakan terjadi antara pukul 14 hingga pukul 17 Wita.

Pada hari yang sama, cuaca diperkirakan cerah saat pagi. Sedangkan di malam hari, cuaca cenderung berawan. Suhu di Makassar berkisar 24-33 derajat celcius, dengan kecepatan angin 20 kilometer per jam. Sedangkan kelembapan udara pada kisaran 60-90 persen.

2. Mayoritas wilayah Sulsel alami curah hujan kategori menengah

Awal Pekan, Makassar Diprediksi Hujan pada Siang HariHujan ringan di Kota Makassar. IDN Times / Aan Pranata

BMKG memprediksi sebagian wilayah Sulsel mengalami hujan pada Senin (9/12). Kondisi itu sesuai dengan prediksi bahwa umumnya Sulsel sudah memasuki musim hujan pada dasarian atau sepuluh hari pertama di bulan Desember.

Pada awal Desember, 61 persen daerah di Sulsel sudah mengalami curah hujan dengan kategori menengah. Artinya, curah hujan berkisar 51-75 milimeter. Sedangkan sebagian wilayah lain curah hujannya masih rendah, atau di bawah 50 milimeter.

Baca Juga: Suhu Normal, Kok Cuaca di Makassar Terasa Lebih Panas? Ini Kata BMKG 

3. Wali Kota Makassar instruksikan jajarannya tanggap potensi banjir

Awal Pekan, Makassar Diprediksi Hujan pada Siang HariIDN Times/Istimewa

Jelang musim hujan, Pj Wali Kota Iqbal Samad Suhaeb telah menginstruksikan jajaran Pemerintah Kota agar tanggap terhadap potensi banjir. Pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan diminta membuka posko siaga 24 jam di wilayahnya masing-masing, terutama yang rawan banjir. Sedangkan puskesmas siaga untuk mengantisipasi warga yang terserang penyakit akibat cuaca dingin di musim hujan.

Seluruh lurah dan camat di Kota Makassar, juga diminta agar menggiatkan kerja bakti di lingkungannya masing-masing. Terutama dengan membersihkan saluran air dan drainase serta kanal agar tidak tersumbat selama musim hujan. 

”Ingatkan warga kita agar bekerja sama dengan pemerintah menjaga dan memelihara kebersihan kota. Minimal saluran air yang ada di depan rumah atau bangunan usaha dan perkantoran serta fasilitas publik agar rutin dibersihkan. Jika membutuhkan bantuan Satgas drainase berkoordinasilah dengan Dinas Pekerjaan Umum,” kata Iqbal beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kenapa Makassar Belum Masuki Musim Hujan? Simak Penjelasan BMKG  

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya