Anggota DPR Minta Warga Sulsel Awasi Vaksinasi Booster untuk Nakes

Jangan sampai vaksin booster dipakai keluarga pejabat

Makassar, IDN Times - Anggota Komisi IX DPR-RI Aliyah Mustika Ilham berharap warga Sulawesi Selatan mengawasi vaksinasi booster. Sebab vaksinasi itu dikhususkan bagi tenaga kesehatan.

Aliyah menekankan bahwa nakes menjadi garda terdepan penanganan COVID-19. Mereka sekaligus yang paling berisiko terpapar virus corona, sehingga wajib dilindungi.

"Mohon maaf, saya tidak menyetujui kalau ada keluarga pejabat yang divaksin booster. Tolong laporkan pada kami karena inilah posisi kami sebagai pengawas, sebagai wakil rakyat," kata Aliyah dikutip dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Sempat Kosong, Sulsel Kembali Distribusikan Vaksin ke Daerah

1. Vaksin booster diutamakan bagi nakes

Anggota DPR Minta Warga Sulsel Awasi Vaksinasi Booster untuk Nakesvaksin Moderna (gavi.org)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan  telah mendapat vaksin jenis moderna sebanyak 3.730 vial. Vaksinasi booster kepada para nakes juga sudah dimulai, diawali dari nakes di RSKD Dadi Makassar.

"Mohon dengan sangat dimanfaatkan sebaik-baiknya kepada para nakes. Kami juga atas nama DPR RI Komisi 9, bagaimana memperjuangkan booster vaksin ketiga ini khusus untuk para nakes dulu, yang lain bersabarlah," katanya.

2. Sulsel terus dapat tambahan distribusi vaksin

Anggota DPR Minta Warga Sulsel Awasi Vaksinasi Booster untuk NakesVaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Aliyah menyebut Indonesia telah mendapat bantuan hibah vaksin moderna dari Amerika sebanyak 3,5 juta. Termasuk di antaranya ribuan vial vaksin moderna yang telah tiba di Sulsel.

"Masih ada yang datang lagi bulan Agustus Pfizer. Pfizer itu APBN. Kalau Moderna itu murni hibah Amerika," kata dia.

"Nanti menyusul 1 juta vial lagi. Khusus untuk Sulsel mendapatkan kuota 3.730 vial dan Sinovac kemarin laporan kalau sudah masuk lagi 3.896," sambungnya.

3. Vaksin booster disalurkan dengan perlakuan khusus

Anggota DPR Minta Warga Sulsel Awasi Vaksinasi Booster untuk NakesVaksin Moderna yang diberikan untuk nakes di Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Sulsel dr Muhammadong mengemukakan distribusi vaksin moderna sedang berlangsung ke berbagai daerah. Hanya saja penyalurannya memiliki perlakuan khusus.

"Tidak serta merta harus dikirim karena penyimpanannya harus dijamin berada di suhu minimal minus 15 sampai 25 derajat Celcius," urainya.

Baca Juga: Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes di Sulsel Dimulai Hari ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya