4.241 Orang Lulus Jalur SBMPTN Unhas 2022, Selamat!

Simak jadwal dan cara registrasi ulang bagi yang lulus

Makassar, IDN Times - Sebanyak 4.241 calon mahasiswa baru dinyatakan lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Universitas Hasanuddin. 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan hasil secara serentak pada Kamis (23/6), pukul 16.00 Wita. Peserta mengakses hasil pengumuman melalui laman utama LTMPT, https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau dengan akses alternatif melalui laman mirror situs Unhas di http://sbmptn.unhas.ac.id.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Buru Jaringan Pelaku Kecurangan UTBK Unhas

1. Pendaftar lebih dari 42 ribu orang

4.241 Orang Lulus Jalur SBMPTN Unhas 2022, Selamat!Pemandangan pintu masuk dan tugu nama kampus Universitas Hasanuddin di Tamalanrea, Kota Makassar. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Humas Unhas Ishaq Rahman menyebutkan, kampusnya menyediakan daya tampung melalui jalur SBMPTN sebanyak 4.185 orang. Kuota tersebar pada 75 program studi, yakni 53 prodi saintek dan 22 prodi soshum.

Pada tahun ini, jumlah pendaftar melalui Jalur SBMPTN di Unhas ada sebanyak 42.580 orang calon mahasiswa baru. "Dengan demikian, tingkat keketatan Jalur SBMPTN 2022 di Unhas mencapai 13,83 persen," kata Ishaq.

2. Calon mahasiswa diarahkan segera daftar ulang

4.241 Orang Lulus Jalur SBMPTN Unhas 2022, Selamat!unhas.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Muhammad Restu menuturkan bahwa Unhas tetap menjadi salah satu kampus idaman para calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah pendaftar di Unhas dengan peminat tertinggi pada program studi kedokteran.

Sedangkan dari sisi keketatan persaingan, yakni pada kelompok saintek prodi Teknik Informatika menjadi yang tertinggi di Unhas, di susul prodi Manajemen untuk kelompok Soshum.

“Setiap tahunnya Unhas berpeluang meluluskan para calon mahasiswa baru pada program studi di pilihan pertama. Setiap program studi telah memenuhi jumlah pemenuhan kuota atau daya tampung yang ditetapkan, Kita harapkan para calon mahasiswa yang lulus dapat segera melakukan proses pendaftaran ulang dengan memenuhi kelengkapan dokumen yang diperlukan,” kata Prof. Restu.

3. Ini tahapan dan jadwal registrasi ulang untuk calon mahasiswa baru jalur SBMPTN

4.241 Orang Lulus Jalur SBMPTN Unhas 2022, Selamat!Ilustrasi pelaksanaan tes peserta UTBK-SBMPTN (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Lebih lanjut, Prof. Restu menambahkan bahwa proses registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SBMPTN 2022 mulai dibuka pada tanggal 24 Juni hingga 8 Juli 2022. Untuk verifikasi online akademik dibuka pada tanggal 28 Juni hingga 11 Juli 2022.

Prosedur registrasi ulang dapat diakses melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id. Pada laman yang disediakan, peserta bisa memilih menu “Prosedur Pendaftaran ulang Lulus SBMPTN 2022”.

Sementara bagi peserta SBMPTN yang belum berhasil lulus di Unhas, dapat memanfaatkan Jalur Mandiri, yang terdiri atas Jalur Non Subsidi, Jalur Prestasi Olah Raga Seni dan Keilmuan, Jalur Vokasi D4 (Sarjana Terapan), dan Kelas Internasional. Penerimaan Jalur Mandiri Unhas akan mulai dibuka pada tanggal 24 Juni 2022.

Informasi Jalur Mandiri dapat pula diakses pada portal yang sama di http://regpmb.unhas.ac.id, dengan memilih menu Informasi Umum Jalur Penerimaan, dan Mandiri.

Baca Juga: Unhas dan PT KAI Kembangkan Kereta Api Trans Sulawesi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya