Comscore Tracker

Jokowi Pastikan Masyarakat Papua Dapat 10 Persen dari Saham Freeport

Jatah 10 persen untuk Papua didapat berupa pajak daerah

Jakarta, IDN Times - Setelah 45 tahun beroperasi di Indonesia, PT. Freeport akhirnya kembali menjadi milik Indonesia. Lewat skema divestasi, pemerintah Indonesia melalui PT. Inalum, membeli 51.2 persen saham Freeport dengan nilai Rp56 triliun. Kepastian ini turut disampaikan dan dikonfirmasi oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, Jumat (21/12) sore.

1. Saham 51.2 persen sudah lunas dibayar

Jokowi Pastikan Masyarakat Papua Dapat 10 Persen dari Saham FreeportIDN Times/Angelia Nibennia Zega

"Saya baru saja menerima laporan dari seluruh menteri yang terkait, dari Dirut PT. Inalum, dan dari CEO serta Dirut PT. Freeport-McMoran, bahwa saham PT. Freeport sebesar 51,2 persen sudah beralih ke PT. Inalum dan telah lunas dibayar," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menjelaskan bahwa hari ini menjadi penanda sekaligus hari bersejarah karena Freeport akhirnya kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. "Hari ini juga merupakan momen yang bersejarah setelah PT. Freeport beroperasi di Indonesia sejak 1973. Kepemilikan mayoritas ini akan kita gunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat," tegas Jokowi.

Baca Juga: Dikabarkan Walk Out, Gubernur Papua Tolak Proposal Divestasi Freeport

2. Terkait smelter dan pajak, semua akan segera dikerjakan

Jokowi Pastikan Masyarakat Papua Dapat 10 Persen dari Saham FreeportFacebook @LukasEnembe

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga memastikan tentang sistem pendapatan yang akan didapat dari kepemilikan mayoritas saham PT. Freeport bagi pemerintah dan rakyat. "Tadi juga disampaikan bahwa nantinya pendapatan baik dari pajak maupun non-pajak, royalti, semuanya tentu saja akan lebih besar dan lebih baik (dari sebelumnya). Saya kira inilah yang memang kita tunggu.

Selain itu, terkait smelter dan pengolahan hasil tambang agar hasil akhirnya maksimal, Jokowi memastikan semua sudah disepakati dan tinggal bekerja saja. "Terakhir juga tadi saya mendapatkan laporan untuk hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan, yang berkaitan dengan smelter, dan semuanya juga telah terselesaikan dan sudah disepakati. Artinya, semuanya sudah komplet dan tinggal bekerja saja," kata Jokowi.

3. Jokowi pastikan masyarakat Papua akan nikmati 10 persen dari saham Freeport tersebut

Jokowi Pastikan Masyarakat Papua Dapat 10 Persen dari Saham FreeportTwitter/@KSPgoid

Kabar baik bagi masyarakat Papua, Jokowi juga memastikan bahwa saham mayoritas yang dikuasai tersebut akan diberikan kepada masyarakat setempat. "Masyarakat di Papua juga akan mendapatkan 10 persen dari saham yang ada," ujar Jokowi. Namun secara rinci, Jokowi belum menjelaskan skema seperti apa yang membuat masyarakat Papua dapat menikmati saham sebesar 10 persen tersebut.

4. Papua akan dapat pajak daerah dari PT. Freeport

Jokowi Pastikan Masyarakat Papua Dapat 10 Persen dari Saham FreeportANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain memastikan pembagian saham sebesar 10 persen bagi masyarakat Papua, Presiden Jokowi juga memastikan pemerintah setempat akan dapat bagian berupa pajak daerah. Hal ini sendiri merupakan kabar baik karena pemerintah Papua pernah kehilangan pajak air tanah Freeport senilai Rp2.5 triliun pada April 2018 lalu.

"Tentu saja, Papua juga akan mendapatkan pajak daerahnya (dari Freeport)," ujar Jokowi lagi.

Baca Juga: [BREAKING] Resmi, Indonesia Kuasai 51.2 Persen Saham Freeport

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You