Comscore Tracker

Cegah Corona, Dukcapil Gowa Layani Pengurusan Dokumen via Whatsapp

Masyarakat tidak perlu datang menumpuk di kantor Dukcapil

Gowa, IDN Times – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa menyediakan layanan pengurusan dokumen kependudukan melalui aplikasi pesan Whatsapp. Layanan tersebut diberlakukan untuk mencegah potensi penyebaran Virus Corona atau COVID-19 di wilayah setempat.

Pada hari-hari sebelumnya, kantor pelayanan publik seperti Disdukcapil Gowa merupakan tempat perkumpulan banyak orang dan melakukan kontak langsung.

“Ini untuk mengurai supaya masyarakat tidak terlalu berkumpul di kantor, kita jaga jarak karena dengan adanya virus (corona),” kata Kepala Dinas Dukcapil Gowa, Ambo, melalui sambungan telepon dengan IDN Times di Makassar, Rabu (18/3).

1. Layanan administrasi Dukcapil Gowa via Whatsapp mulai berlaku 17 Maret 2020

Cegah Corona, Dukcapil Gowa Layani Pengurusan Dokumen via Whatsapppixaybay.com

Kebijakan yang dikeluarkan Disdukcapil ini berlaku mulai tanggal 17 Maret hingga 31 Maret 2020. Pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Whatsapp dilakukan pada pukul 08.00 -15.00 WITA setiap hari kerja.

“Saya sudah tempatkan para pejabat Dukcapil untuk menangani ini (pelayanan) melalui Whatsapp masing-masing per kecamatan,” jelas Ambo.

2. Alur pelayanan administrasi Dukcapil Gowa melalui Whatsapp

Cegah Corona, Dukcapil Gowa Layani Pengurusan Dokumen via Whatsappilustrasi KTP-el (dispendukcapil.surakarta.go.id)

Ambo menjelaskan, pihaknya telah menunjuk pegawai untuk menangani proses pengurusan administrasi kependudukan. Dengan begitu, ada 18 orang pegawai yang akan melakukan pelayanan via Whatsapp sesuai dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Gowa.

“Pegawai saya tetap di kantor, dan meng-handle masyarakat di kecamatan masing-masing, sekarang sudah banyak masuk dan mereka (masyarakat) tinggal di rumah,” Ambo menjelaskan.

Alur pelayanan Dukcapil, kata Ambo, yaitu, Anda cukup menghubungi kontak Whatsapp yang telah disebar melalui aparatur di tingkat kecamatan hingga desa. Lalu, sampaikan kebutuhan administrasi yang hendak diurus. Petugas akan menyampaikan berkas dan dokumen apa saja yang dibutuhkan.

Kemudian, berkas tersebut Anda kirim melalui pesan Whatsapp. Petugas akan menghubungi jika dokumen yang Anda urus telah selesai.

“Kirim mereka punya dokumen, kita kerjakan, mereka datang tinggal ambil berkas yang telah selesai,” kata Ambo.

Baca Juga: Cegah Penularan Corona, Objek Wisata di Malino Gowa Ditutup Sementara

3. Ambo mengimbau masyarakat tidak perlu menumpuk dan mengantri di kantor Dukcapil Gowa

Cegah Corona, Dukcapil Gowa Layani Pengurusan Dokumen via WhatsappIlustrasi KTP Elektronik atau E-KTP (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ambo lebih jauh mengatakan, meski pelayanan Whatsapp mulai diberlakukan, akan tetapi pegawai di kantor Dukcapil Gowa tetap melayani masyarakat yang datang. Meski begitu, Ambo mengimbau, masyarakat tidak perlu datang berkumpul dan mengantri lama agar potensi penyebaran Virus Corona bisa diminimalisir.

Kebijakan layanan Dukcapil Gowa melalui Whatsapp, kata Ambo, akan dievaluasi setelah masa berlaku habis pada tanggal 31 Maret mendatang.

“Ini akan kita evaluasi lagi setelah tanggal 31 maret, bagaimana kebijakan selanjutnya.”

4. Kantor Dinas Dukcapil Gowa menyediakan hand sanitizer dan keran air

Cegah Corona, Dukcapil Gowa Layani Pengurusan Dokumen via Whatsappunsplash.com/Kellysikkema

Untuk mencegah penyebaran Virus Corona, kantor Dukcapil Gowa juga menyediakan hand sanitizer, sabun, dan keran air untuk mencuci tangan.

Hand sanitizer disediakan mulai dari pintu masuk, ruang tunggu, loket pelayanan hingga ruang perekaman KTP-el.

"Kami siapkan lima keran air yang kami buat khusus dan sabun pencuci tangan di depan kantor sebelum masyarakat memasuki kantor wajib mencuci tangan terlebih dahulu kemudian juga ada hand sanitizer di titik-titik tertentu seperti pintu masuk, loket pelayanan dan ruang perekaman. Jadi SOP-nya tidak boleh masuk sebelum mencuci tangan," kata Ambo.

Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, Pemkab Gowa Tunda Kegiatan Ijtima Asia 

Cegah Corona, Dukcapil Gowa Layani Pengurusan Dokumen via WhatsappLama waktu bertahannya virus corona pada sebuah benda (IDN Times/Sukma Shakti)
https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya