Akmal Malik Dorong OPD Pemprov Sulbar Percepat Realisasi Anggaran

Serapan anggaran awal triwulan III masih rendah

Makassar, IDN Times - Laju pertumbuhan ekonomi daerah menjadi salah satu perhatian serius Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Akmal Malik. Ia mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memacu realisasi serapan anggaran.

"Serapan anggaran tinggi akan membuat perputaran uang di masyarakat dan berefek pada jalannya roda perekonomian daerah," kata Akmal dalam siaran persnya, Selasa (5/7/2022).

1. Filosofi perahu Sandeq

Akmal Malik Dorong OPD Pemprov Sulbar Percepat Realisasi AnggaranPj Gubernur Sulbar Akmal Malik (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam menjalankan fungsi dan tugas masing-masing, menurut Akmal, setiap OPD selayaknya sejalan dengan filosofi perahu Sandeq. Kata dia, perahu Sandeq itu ukurannya kecil, tapi memiliki kemampuan untuk berlayar dan melaju kencang di lautan.

"Pakai filosofi Sandeq. Kecil tapi dapat berakselerasi, melaju di semua kondisi lautan. Tetap melaju di perairan tenang, maupun menyalip di tengah badai. Intinya, sekali layar terkembang, terus melaju menempati posisi terdepan," terang Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini.

2. Sulbar terbaik kedua di Indonesia

Akmal Malik Dorong OPD Pemprov Sulbar Percepat Realisasi AnggaranIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Walau dengan porsi anggaran yang kecil dan terjadi transisi kepemimpinan di awal tahun 2022, akan tetapi Sulbar tetap bisa melaju kencang dalam pencapaian realisasi anggaran terbaik kedua se Indonesia hingga posisi Juni 2022. "Serapan anggaran yang baik akan memberikan efek positif untuk daerah," Akmal menerangkan.

Data menunjukkan, realisasi pendapatan APBD Sulawesi Barat meningkat pada triwulan I 2022. Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), realisasi pendapatan APBD Sulawesi Barat pada triwulan I 2022 tercatat sebesar Rp409,7 miliar, atau lebih tinggi dibandingkan triwulan I 2021 yang hanya sebesar Rp292 miliar.

Baca Juga: Kepala OPD Pemprov Sulbar Tak Boleh Keluar Daerah tanpa Izin

3. Realisasi anggaran OPD masih rendah

Akmal Malik Dorong OPD Pemprov Sulbar Percepat Realisasi AnggaranIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Sejumlah OPD di lingkup Pemprov Sulawesi Barat masih diburu waktu untuk meningkatkan realisasi belanja APBD mereka. Hingga awal triwulan III masih ada OPD yang realisasi belanja APBD tahun 2022 mereka masih sangat rendah.

Berdasarkan data, dari 37 OPD yang ada hanya tiga OPD yang realisasi belanjanya berada di atas 50 persen, selebihnya di bawah 50 persen. Bahkan sembilan OPD realisasi belanjanya masih berada di bawah 30 persen.

Baca Juga: Sulbar Siapkan Lokasi Pembangunan Depo BBM dan LPG di Mamuju

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya