Pesawat Wings Air Ditembak KKB di Yahukimo

Seorang anggota TNI dilaporkan mengalami luka lecet

Yahukimo, IDN TimesPesawat Wings Air PK-WJT dilaporkan telah ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di Bandara Nop Goliat, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (17/2/2024).

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi membenarkan adanya insiden penembakan tersebut. Benny menjelaskan, pesawat dengan tipe ATR 72-600 tersebut ditembak sekitar pukul 13.20 WIT saat proses pendaratan dari Runway 25 menuju ujung kali Brasa.

"Informasi yang kami terima menyebutkan bahwa pesawat tersebut terkena tembakan di sisi sebelah kiri, yang menembus ke dalam badan pesawat. Meski pun tidak ada korban jiwa, penumpang bernama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat," kata Kombes Pol. Benny.

Dia menyebut, aparat keamanan dari Operasi Damai Cartenz 2024 bersama personel Brimob Yon D dan Polres Yahukimo saat ini sedang melakukan penyisiran di sekitar area Kali Brasa ujung bandara, yang diduga sebagai lokasi penembakan.

"Kami telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan dari awak pesawat. Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti kasus ini dan mengejar pelaku penembakan," tambahnya.

Benny menegaskan bahwa kasus ini menjadi perhatian serius pihak berwenang, dan upaya penyelidikan serta penegakan hukum terus dilakukan untuk mengungkap motif dan mengidentifikasi pelaku penembakan tersebut demi menjaga keamanan penerbangan di wilayah tersebut.

Baca Juga: Penembakan Pesawat di Papua, Kemenhub: Pilot dan Penumpang Selamat

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya