Sepasang Kekasih Tewas dalam Kamar Kos di Makassar Tinggalkan 2 Surat

Polisi selidiki dua pucuk surat yang diduga ditulis korban

Makassar, IDN Times - Sepasang kekasih yang ditemukan tewas dalam kamar kos di Jalan M. Tahir, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, pada Rabu malam (15/11/2023), ternyata meninggalkan dua pucuk surat.

Sepasang kekasih itu ialah IAY (26), warga Kabupaten Pangkep, dan wanita AK (24), mahasiswa asal Selayar.

"Iya, memang ada surat yang kami dapat, surat ini nantinya kita sinkronkan dengan petunjuk dan bukti lainnya," kata Kapolsek Tamalate, AKP Aris Sumarsono kepada IDN Times, dikonfirmasi, Kamis (16/11/2023).

1. Isi surat akan diselidiki

Sepasang Kekasih Tewas dalam Kamar Kos di Makassar Tinggalkan 2 SuratIlustrasi garis polisi (IDN Times/Prayugo Utomo)

Usai mayat dievakuasi, petugas Reserse Kriminal Polsek Tamalate menyelidiki lokasi kamar kos. Dari sana, petugas membawa sejumlah barang sebagai bukti, di antaranya kartu mahasiswa dan KTP. Polisi juga akan mendalami surat yang diduga ditulis oleh kedua mendiang.

"Surat yang ditemukan, nanti kami pelajari dulu karena masih penyelidikan. Kami masih belum bisa jelaskan kaitannya apa, belum bisa disampaikan," Aris menerangkan.

2. Dua korban bukan suami-istri

Sepasang Kekasih Tewas dalam Kamar Kos di Makassar Tinggalkan 2 SuratIlustrasi Garis Polisi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Aris menambahkan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kedua jenazah diduga sebagai pasangan kekasih. Dari penuturan keluarga kedua pihak juga diketahui mereka belum berstatus suami-istri.

"Laki-laki yang punya kamar memang sudah lama tinggal di situ. Kalau wanita itu, nanti kita masih melakukan pendalaman, karena keluarga masih trauma," kata Aris.

3. Dua mayat pasangan terpisah saat ditemukan

Sepasang Kekasih Tewas dalam Kamar Kos di Makassar Tinggalkan 2 SuratIlustrasi korban di rawat petugas medis (IDN Times/Sukma Shakti)

Polisi menyebutkan, dua mayat tersebut ditemukan dalam posisi terpisah. Mayat korban pria tergeletak dekat pintu kamar kos dengan posisi tengkurap. Sedangkan mayat wanita tertutup selimut dekat dari toilet kamar tersebut.

"Mayat keduanya sudah memunculkan aroma kurang sedap saat pertama mereka ditemukan. Tadi ada Binmas dan warga yang masuk lewat jendela karena pintu kamar terkunci dari dalam," terang Aris.

Pihak kepolisian menduga, korban pria dan wanita ini sudah meninggal dunia lebih dari 3 hari, karena tubuh keduanya sudah menghitam dan membengkak, juga mengeluarkan bau busuk menyengat.

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Sepasang Kekasih di Makassar Ditemukan Tewas dalam Kamar Kos

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya