RS Dadi Makassar Siapkan 100 Kamar Rawat Kejiwaan Peserta Pemilu Gagal

Siapkan perawatan mental peserta Pemilu 2024 yang gagal

Makassar, IDN Times - Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyiapkan 100 unit kamar khusus untuk merawat peserta Pemilu 2024 yang gagal hingga mengalami gangguan kesehatan mental.

Hal tersebut dikatakan Koordinator Divisi Humas RSKD Dadi, Wawan Satriawan saat ditemui di RSKD Dadi, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Makassar, Senin (12/2/2024).

Kata Wawan, 100 kamar tersebut sengaja disiapkan di ruang atau gedung terpisah, yakni ruang Cempaka dan Kasih Sayang.

"Jumlah kamarnya bisa sampai 100 kita siapkan, yang kita tampung kurang lebih 100 pasien karena kita kondisikan dengan pasien-pasien yang lain juga," kata Wawan.

1. Kamar RSKD Dadi bisa dipilih keluarga sesuai biaya

RS Dadi Makassar Siapkan 100 Kamar Rawat Kejiwaan Peserta Pemilu GagalRSKD Dadi Makassar di Jalan Lanto Daeng Pasewang Makassar. IDN Times Sulsel/Dahrul Amri

Wawan mengungkapkan, dari 100 kamar yang telah disiapkan bagi peserta Pemilu 2024 seperti calon anggota legislatif (Caleg), nantinya bisa dipilih langsung oleh pihak keluarga pasien, sesuai dengan kemampuan keuangan.

"Jadi apakah di ruang cempaka atau di ruang kasih sayang, atau juga ruangan VIP dan Super VIP. Tetapi untuk biayanya saat ini masih berlaku umum," ungkap Wawan.

"Dan kalau pasien dari peserta pemilu kan nanti kita lihat dia maunya dirawat di mana dan tergantung dari pasiennya, dia pilih di rawat di kelas 1 atau super VIP kembali lagi ke pasien dan keluarganya," lanjutnya.

2. RSKD Dadi juga siapkan kamar super VIP

RS Dadi Makassar Siapkan 100 Kamar Rawat Kejiwaan Peserta Pemilu GagalIlustrasi kesehatan mental. (Dok. Pixabay)

Wawan mengaku, untuk ruang Cempaka tersedia kamar kelas 1, 2, dan 3. Sementara di ruang Kasih Sayang khusus disediakan ruang Very Important Person atau VIP dan Super VIP.

"Kalau untuk bed, seperti di kamar kelas 1 itu disiapkan 4 Bed, kelas 2 ada 12 bed, dan kelas 3 ada 24 bed. Kalau Kamar VIP-nya kita siapkan ada 2 kamar dan super VIP-nya ada 2 kamar juga," beber Wawan.

Tentunya, untuk fasilitas lainnya di setiap kamar ada tempat tidur, TV, AC dan kipas angin. Namun fasilitasnya tergantung dari ruangan ataupun jenis kelas kamarnya.

"Untuk tenaga medis, kita siapakan juga tenaga-tenaga profesional dari spesialis spikiatri, memang ada 14 tenaga (dokter) profesional untuk hal ini," jelas Wawan.

3. Ada layanan khusus hingga kelas rohani sampai menjahit

RS Dadi Makassar Siapkan 100 Kamar Rawat Kejiwaan Peserta Pemilu GagalImage by WOKANDAPIX from Pixabay

Wawan menambahkan, selama perawatan biasanya pasien direhabilitasi psikososial, yakni layanan khusus yang bertujuan untuk membantu pasien dengan gangguan jiwa agar bisa mencapai kemandiriannya.

"Kalau perawatan jiwa di sini kami banyak aktivitas, salah satu rehabilitas psikososial, ada kelas tata boga, ada kelas rohani dan kreativitas seperti menjahit, jadi banyak aktivitas dilakukan di sini," tambahnya.

Baca Juga: RSKD Dadi Makassar Siapkan Kamar untuk Caleg yang Stres karena Gagal

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya