Viral, Pria Usia 72 Tahun di Makassar Wafat saat Tadarus di Masjid

Dikenal sebagai sosok yang senang berbagi

Intinya Sih...

  • Abdul Rasyid wafat saat tadarusan di Masjid Nurul Ilmi, Makassar pada bulan Ramadan.
  • Detik-detik meninggalnya terekam dalam kamera CCTV masjid, setelah membaca Alquran peserta terakhir.
  • Almarhum memiliki riwayat penyakit jantung dan baru seminggu keluar dari rumah sakit, namun dikenal sebagai sosok yang baik dan suka bersedekah.

Makassar, IDN Times - Ajal dan kematian tak ada yang tahu kapan datangnya. Dia bisa datang kapan saja, di mana saja tanpa pilih-pilih orang baik muda ataupun tua.

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, seorang pria berusia 72 tahun di Makassar wafat saat tadarusan. Namanya Abdul Rasyid.

Pria paruh baya ini menghembuskan napas terakhir ketika membaca Alquran Surah Al Isra ayat 1 - 12. Hal ini terjadi di Masjid Nurul Ilmi, kampus UNM, Jalan Raya Pendidikan, Makassar, Minggu (24/3/2024) siang.

"Kemarin kejadiannya sekitar pukul 14.30 WITA," kata Darmawangsya selaku pengurus Masjid Nurul Ilmi, saat ditemui IDN Times, Senin (25/3/2024).

1. Sempat dikira pingsan

Viral, Pria Usia 72 Tahun di Makassar Wafat saat Tadarus di MasjidPria di Makassar meninggal dunia di masjid/Istimewa

Detik-detik meninggalnya almarhum terekam dalam kamera CCTV masjid. Saat itu, Abdul Rasyid sedang mengikuti lomba tadarus di masjid tersebut bersama peserta lainnya.

Rupanya, dari semua peserta, Abdul Rasyid menjadi peserta terakhir yang membaca Alquran. Saat hendak membalik lembar kitab suci itu, Abdul Rasyid langsung ambruk tak sadarkan diri.

"Pertama dikira pingsan. Jemaah langsung kasih pertolongan pertama," kata Darmawangsya.

2. Sempat diperiksa dokter

Viral, Pria Usia 72 Tahun di Makassar Wafat saat Tadarus di Masjidilustrasi laki-laki berkonsultasi dengan ahli andrologi (freepik.com/pressfoto)

Abdul Rasyid sempat diperiksa oleh dokter untuk mengetahui kondisinya. Setelah itu, diketahuilah bahwa dia meninggal dunia.

"Dipanggil dokter. Dua dokter datang suami istri. Mereka yang periksa. Lalu dinyatakan meninggal dunia," kata Darmawangsya.

Rupanya, almarhum memang memiliki riwayat penyakit jantung. Dia juga diketahui baru seminggu keluar dari rumah sakit.

3. Dikenal sebagai sosok yang baik dan suka bersedekah

Viral, Pria Usia 72 Tahun di Makassar Wafat saat Tadarus di Masjidilustrasi seseorang beramal (freepik.com/freepik)

Abdul Rasyid tinggal tak jauh dari masjid. Dia diketahui merupakan seorang pensiunan pegawai.

Sehari-hari, dia juga bertugas sebagai salah satu pengurus Masjid Nurul Ilmi. Menurut para pengurus masjid, Abdul Rasyid adalah sosok yang baik, suka menolong dan gemar bersedekah.

"Sosoknya baik dan tenang. Lima bulan lalu, dia sedekahkan Alquran ke orang-orang karena di sini ada aktivitas mengaji rutin 2 kali seminggu," kata Darmawangsya.

Baca Juga: Pria Bercadar Gabung Jemaah Perempuan di Masjid Makassar Ditangkap

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya