Progres Renovasi Gedung Balai Kota Makassar Baru Capai 36 Persen

Renovasi masih terus dikerjakan

Makassar, IDN Times - Renovasi gedung Kantor Balai Kota Makassar masih terus dikerjakan. Para pekerja masih berjibaku memperbaiki bagian-bagian gedung balai kota. 

Sejauh ini, progres pengerjaannya baru mencapai lebih dari 36 persen. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Hajar Aswad. 

"Progresnya 36,340 persen," kata Hajar Aswad, Selasa (19/9/2023).

1. Ditargetkan rampung akhir 2023

Progres Renovasi Gedung Balai Kota Makassar Baru Capai 36 PersenMal GTC, kantor sementara bagi sebagian pegawai Pemkot Makassar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Pengerjaan renovasi telah dimulai sejak April lalu atau sekitar lima bulan lalu. Meski progres baru mencapai 36 persen, namun Hajar tetap optimis renovasi ini akan rampung hingga Desember 2023. 

"Targetnya tetap sampai Desember 2023," kata Hajar.

Untuk renovasi ini, Pemkot Makassar menganggarkan Rp15 miliar. 

2. Sebagian pegawai masih berkantor di GTC

Progres Renovasi Gedung Balai Kota Makassar Baru Capai 36 PersenPegawai Pemkot Makassar berkantor sementara di Mal GTC Tanjung Bunga selama pengerjaan renovasi Balai Kota. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Karena renovasi ini, sebagian instansi yang selama ini berkantor di balai kota harus pindah ke GTC untuk sementara hingga renovasi selesai. Karena belum rampung, maka OPD-OPD masih berkantor di GTC.

"Pegawai-pegawai masih berkantor di GTC sampai akhir tahun," kata Hajar.

Baca Juga: Dampak Kekeringan di Kota Makassar semakin Meluas hingga 8 Kecamatan

3. Balai kota Makassar direnovasi sebagai warisan budaya

Progres Renovasi Gedung Balai Kota Makassar Baru Capai 36 PersenBalai Kota Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Renovasi itu untuk perbaikan bangunan Balai Kota sebagai warisan budaya. Seperti diketahui, bangunan Balai Kota merupakan salah satu bangunan tua peninggalan kolonial Hindia Belanda.

Akan tetapi, tidak semua bagian bangunan akan direnovasi. Hanya beberapa bagian saja yang merupakan bangunan heritage. Selebihnya tidak direnovasi karena bukan bagian dari heritage yakni pada bagian tower.

"Yang direnovasi lantai 1, 2 dan 4 heritage mau dikembalikan seperti semula. Yang tidak dikerja itu yang lantai 3, 5, 7, 8, 9," kata Hajar.

Baca Juga: Pemkot Makassar Anggarkan Rp15 Miliar untuk Renovasi Balai Kota

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya