Status Gunung Awu di Sangihe Sulut Waspada, Warga Diminta Tak Mendekat

Salah satu destinasi pendakian populer di Sulawesi Utara

Makassar, IDN Times - Gunung Awu yang berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dinaikkan statusnya dari level I (normal) ke level II (waspada). Ini terjadi lantaran gunung setinggi 1.320 meter tersebut mengalami peningkatan aktivitas sejak beberapa hari terakhir.

"Informasi peningkatan aktivitas Gunung Awu dari normal menjadi waspada diterima dari Badan Geologi Kementerian ESDM Republik Indonesia," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe, Wandu Labesi, seperti dilansir ANTARA pada Minggu (12/12/2021).

1. Status Gunung Awu naik jadi waspada pada Minggu (12/12/2021) siang

Status Gunung Awu di Sangihe Sulut Waspada, Warga Diminta Tak MendekatIlustrasi gunung meletus. (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Wandu, Eko Budi Lelono selaku Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM menyebut bahwa peningkatan status Gunung Awu dilakukan pada 12 Desember 2021 pukul 12.00 WITA. Alhasil, pihak BPBD Sangihe meminta masyarakat Pulau Sangihe untuk menjauhi gunung tersebut.

"Masyarakat dan wisatawan (diminta) agar tidak mendekati dan beraktivitas di radius 1 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu," lanjutnya.

Selama ini, Gunung Awu dikenal sebagai salah satu destinasi pendakian populer di Sulawesi Utara selain Soputan dan Klabat.

2. Penduduk diminta tak terpancing kabar hoaks atas aktivitas Gunung Awu

Status Gunung Awu di Sangihe Sulut Waspada, Warga Diminta Tak MendekatPemandangan Gunung Awu di Pulau Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. (Dok. Humas Pemkab Kepulauan Sangihe)

Lebih jauh, ia meminta masyarakat tetap tenang sembari tetap mengikuti perkembangan terkini situasi Gunung Awu. Penduduk Pulau Sangihe juga diharap tak terpancing hoaks atau pesan berantai yang tak jelas sumber dan asal-usulnya.

"Masyarakat diharapkan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Sangihe," tegas Wandu. Gunung Awu sendiri berjarak 10 kilometer utara Tahuna, ibu kota Kabupaten Kepulauan Sangihe.

3. Selain Gunung Awu, Semeru juga sudah berstatus level II

Status Gunung Awu di Sangihe Sulut Waspada, Warga Diminta Tak MendekatGunung Semeru yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), per hari Minggu (12/12/2021) ada juga beberapa gunung berapi dengan status level II (waspada). Antara lain Banda Api (Maluku), Lokon (Sulawesi Utara), Gamkonora (Maluku Utara) dan Semeru (Jawa Timur) yang menurun aktivitasnya setelah meletus pada 4 Desember lalu.

Di sisi lain, ada tuga gunung berapi yang berstatus level III (siaga) yakni Sinabung (Sumatera Utara), Merapi (Jawa Tengah), serta Ili Lewetolok (Nusa Tenggara Timur).

Baca Juga: Hari Gunung Internasional, Ini Manfaat Gunung bagi Kehidupan Manusia

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya