Comscore Tracker

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal Ternyata Jago Masak Loh

Syamsu Rizal juarai lomba masak pakai kompor induksi

Makassar, IDN Times - Menjadi orang nomor dua di Kota Makassar, tidak membuat Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal kehilangan kemampuannya dalam memasak. Sebagai pejabat pemerintahan dan sekaligus kepala rumah tangga, Syamsu Rizal tetap gemar beraktivitas di dapur.

Politisi Golkar yang akrab disapa Deng Ical ini berhasil meraih juara pertama lomba masak menggunakan kompor induksi, yang digelar di halaman kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar), Jalan Hertasning, Makassar, Jumat (26/4). 

“Saya sudah hobi masak sejak masih mahasiswa, lama hidup di pondokan (rumah kos). Sebagai anak Pramuka harus bisa masak,” ujar Deng Ical yang juga menjabat Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar. 

1. Deng Ical juara pertama lomba masak nasi goreng menggunakan kompor induksi

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal Ternyata Jago Masak LohIDN Times/Abdurrahman

Dalam perlombaan masak yang diikuti kalangan pejabat pemerintahan, lembaga, dan relasi PLN di halaman kantor UP3 PLN Sulselrabar, Deng Ical memamerkan keahliannya meracik bumbu dan menggoreng nasi di wajan.

Deng Ical berhasil menjadi juara 1 dari 25 peserta lomba masak menggunakan kompor induksi. Selain Deng Ical, beberapa pejabat yang ikut lomba masak adalah Kepala Dinas (Kadis) ESDM Sulsel Gunawan Palaguna dan Senior Manager PLN UIW Sulselrabar SDM & Umum Sutarno.

Dalam kesempatan ini pula, Deng Ical mengajak masyarakat umum untuk menggunakan kompor induksi, yang menggunakan energi listrik. Kelebihan dari kompor jenis ini, antara lain, relatif lebih aman dari kebakaran dan lebih hemat dibandingkan menggunakan kompor berbahan energi lainnya. 

Baca Juga: Kenapa Angkot Makassar Disebut Sebagai Pete-pete?

2. Chef profesional dari hotel bintang lima jadi juri lomba masak ini

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal Ternyata Jago Masak LohIDN Times/Abdurrahman

Untuk menilai masakan para peserta lomba masak menggunakan kompor induksi ini, PLN Sulselrabar menghadirkan tiga juri yang berlatar belakang chef profesional dari hotel-hotel bintang lima di Makassar. 

Menurut Chef Suwanta, chef hotel Four Point by Sheraton Makassar, penilaian lomba masak berdasarkan beberapa kriteria. “Penilaian paling utama dari lomba masak adalah rasa, kemudian keindahan dan kebersihan meja tempat memasak,” tutur Suwanta.

Baca Juga: Tahanan Titipan Rutan Makassar Meninggal Dunia di RS Bhayangkara

3. Memasak menggunakan kompor induksi lebih modern dan hemat

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal Ternyata Jago Masak LohIDN Times/Abdurrahman

Dalam kegiatan lomba masak menggunakan kompor induksi ini, Kadis ESDM Sulsel Gunawan Palaguna mengatakan pihak Pemerintah Provinsi Sulsel mendukung penuh sosialisasi penggunaan kompor induksi, karena lebih aman dari kebakaran dan lebih hemat biaya. Sedangkan menurut GM PLN Sulselrabar, visi PLN mendukung modernisasi kehidupan masyarakat Indonesia.

Pemakaian kompor induksi untuk memasak selama 1 jam lebih hemat 18 persen dibandingkan menggunakan kompor energi lain. Untuk kompor induksi daya listrik 1.300 Watt, dengan penggunaan kWh selama 1 jam hanya menyerap 1,2 kWh energi listrik atau kurang lebih setara Rp. 1.760,-. Harga kompor induksi sendiri berkisar di bawah Rp1 juta.

 

Baca Juga: Jelang Akhir Jabatan Wali Kota, Makassar Dinobatkan Pemkot Terbaik

Topic:

  • abdurrahman
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You