Tita Kamila Syafruddin, Finalis Puteri Indonesia 2023 dari Sulsel

Hobi traveling ke daerah terpencil

Makassar, IDN Times - Tita Kamila Syafruddin seketika menjadi kebanggan Sulawesi Selatan (Sulsel) usai terpilih menjadi wakil provinsi di ajang Puteri Indonesia 2023. Saat ini, dia sedang mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama Sulsel di kancah nasional melalui ajang tersebut. Pada 3 Mei 2023, seluruh peserta Puteri Indonesia dari berbagai provinsi akan memasuki masa Pra Karantina di Jakarta.  

Bagi Tita, mewakili Sulsel di ajang Puteri Indonesia merupakan tanggung jawab sekaligus tantangan yang harus ditaklukkan. Baginya, ajang Puteri Indonesia bukan sekedar memperebutkan gelar melainkan sebagai cara untuk memperkenalkan Sulsel di kancah nasional.

"Tentunya menjadi sebuah tantangan dan tanggung jawab membawa nama besar Provinsi Sulawesi Selatan. Saya ingin sekali membawa nama Sulawesi Selatan dengan totalitas tanpa batas," kata Tita dalam konferensi pers di Mal Phinisi Point.

Lantas, siapa Tita Kamila Syafruddin? Mengapa dia ingin ikut ajang Puteri Indonesia?

1. Lahir di Masamba Kabupaten Luwu Utara

Tita Kamila Syafruddin, Finalis Puteri Indonesia 2023 dari SulselTita Kamila Syafruddin, finalis Puteri Indonesia asal Sulsel, saat konferensi pers di Mal Pinisi Point, Makassar, Minggu (30/4/2023). IDN Times/Istimewa

Tita Kamila Syafruddin merupakan perempuan kelahiran Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada 4 Juni 1998 silam. Dia lahir dari pasangan Syafruddin dan Daniar. 

Dia dibesarkan di wilayah Desa Radda di Kecamatan Baebunta, Luwu Utara. Pada 2020 silam, daerah tempat tinggalnya juga diterjang banjir akibat meluapnya Sungai Masamba saat itu. 

Untuk pendidikan, Tita menempuh pendidikan sekolah menengah atasnya di SMA Negeri 1 Masamba. Pada 2021, dia telah menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro Makassar dengan meraih gelar Sarjana Manajemen (S.M). 

2. Jejak karir sebagai model

Tita Kamila Syafruddin, Finalis Puteri Indonesia 2023 dari SulselTita Kamila Syafruddin, finalis Puteri Indonesia asal Sulsel, saat konferensi pers di Mal Pinisi Point, Makassar, Minggu (30/4/2023). IDN Times/Istimewa

Jalan karir Tita sebagai model berawal saat dia terpilih sebagai salah satu anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) untuk Kabupaten Luwu ketika masih duduk di bangku SMA pada 2013. Berselang 3 tahun kemudian, yakni pada 2016, Tita mulai bergabung dalam sebuah komunitas anti narkoba yaitu Generasi Pintar Anti Narkoba (GEN PINTAR).

Pada 2017, Tita terpilih sebagai Putri Kopi Sulawesi Selatan. Masih di tahun yang sama, dia juga terpilih sebagai Putri Pariwisata Sulawesi Selatan 2017. Berkat ini pula, dia akhirnya mewakili Sulawesi Selatan pada ajang bertaraf nasional Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang diselenggarakan oleh El John Pageants. Di ajang ini, dia tampil sebagai Putri Favorit. 

Pada 8 Juli 2018, Tita mengikuti ajang Pemilihan Putri Otonomi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Expo 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Kompleks Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten. Di ajang ini, Tita meraih posisi first runner up.  Modal inilah yang mendorong langkah awal Tita ke kontes kecantikan yang lebih besar yakni Puteri Indonesia 2023. 

Pembuktian Tita akhirnya terwujud setelah dinyatakan sebagai pemenang Puteri Indonesia Sulawesi Selatan 2023 yang diselenggarakan di Aula Prajurit M Yusuf pada 13 Januari 2023. Atas pencapaian ini, Tita pun mewakili Sulawesi Selatan di ajang kecantikan nasional Puteri Indonesia 2023. Grand final akan digelar di Jakarta Convention Center pada 19 Mei 2023. 

"Jadi dari kecill, saya dan ibu saya selalu menonton pemilihan Puteri Indonesia setiap tahun. Saya mungkin salah satu di antara ribuan perempuan hebat, berkualitas di Indonesia yang ingin menjadi bagian dari Puteri Indonesia atau menjadi Puteri Indonesia," kata Tita.

Baca Juga: [WANSUS] Mengulas Jalan Bermusik Juang Manyala, Komponis Muda Makassar

3. Membawa kampanye soal pelestarian hutan

Tita Kamila Syafruddin, Finalis Puteri Indonesia 2023 dari SulselTita Kamila Syafruddin, finalis Puteri Indonesia asal Sulsel, saat konferensi pers di Mal Pinisi Point, Makassar, Minggu (30/4/2023). IDN Times/Istimewa

Dengan percaya diri, Tita menyatakan sangat siap mengharumkan nama Sulsel di ajang Puteri Indonesia 2023. Tak tanggung-tanggung, dia langsung menargetkan predikat juara pada ajang kecantikan paling bergengsi di Indonesia itu. Namun di luar dari itu, dia mengaku lebih mengedepankan proses dibandingkan hasil.

"Semoga tahun ini saya memberikan yang terbaik dan target saya menjadi Putri Indonesia 2023. Tapi tentunya yang saya katakan tadi I never hope with the result, I just focus with the procces. Apapun saya dapatkan nanti, tanggung jawab yang diberikan oleh Yayasan Putri Indonesia adalah yang terbaik untuk saya dan Sulawesi Selatan," kata Tita.

Pada ajang ini, Tita membawa kampanye terkait isu lingkungan. Sejak 2019, dia telah aktif dalam advokasi perhutanan sosial. Dia aktif memberikan edukasi kepada masyarakat agar mampu mengelola dan menjaga kelestarian hutan. 

"Karena memang tagline kami adalah menjadikan hutan lestari tetapi masyarakat mandiri," kata Tita.

Sebagai sosok yang menyukai lingkungan dan tantangan, Tita rupanya memiliki hobi berpetualang ke daerah-daerah 3 T (terdepan, terpencil dan tertinggal). Hobinya ini juga yang turut mendorongnya berpartisipasi dalam ajang Puteri Indonesia 2023. 

"Salah satu kerja nyata Puteri Indonesia adalah keliling Indonesia. Ketika saya keliling Indonesia, saya akan sangat senang untuk ke remote area dan bertemu langsung masyarakat di sana," kata Tita.

Baca Juga: Hirah Sanada, Seniman Muda Makassar yang Menggugat Stereotip Gender

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya