Comscore Tracker

6 Film Indonesia Nuansa Islami, Bahan Tontonan di Hari Raya

Cocok buat kamu tonton bareng keluarga di hari lebaran

Film bernuansa religi islami di Indonesia tak melulu mengenai romansa anak muda yang cintanya terhalang akibat perbedaan keyakinan. Namun, ada juga film bernuansa islami yang bisa membuat kamu mengenal islam lebih jauh.

Seperti halnya enam film bernuansa slami di bawah ini yang cocok untuk di tonton bersama keluarga. Apalagi sudah menjelang hari raya. Kamu bisa memasukkan film-film berikut ke dalam daftar tontonan menyambut hari raya di rumah.

Baca Juga: 9 Film Religi yang Dibintangi Acha Septriasa, Temani Momen Lebaran

1. Sang Pencerah

https://www.youtube.com/embed/m7AcS7K6plw

Film yang rilis di tahun 2010 ini merupakan biopik dari Ahmad Dahlan dalam mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah. Dari film Sang Pencerah kamu bisa mengenal sosok Ahmad Dahlan yang berusaha membangun masjid dan membuka sekolah.

Kamu juga bisa belajar tentang semangat pantang menyerah beliau dalam menyebarkan agama Islam. Walaupun banyak penolakan di dalam masyarakat, sampai beliau dinilai mengajarkan ilmu agama sesat. Namun, tak pernah ada kata menyerah dalam kamus kehidupan Kiai Ahmad Dahlan.

2. Negeri 5 Menara

https://www.youtube.com/embed/MIMZqxf-YWE

Selanjutnya ada film yang diadaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi. Film ini menceritakan tentang Alif yang baru lulus SMP memiliki keinginan berbeda dengan sang ibu saat memilih tingkat pendidikan selanjutnya. Sampai pada akhirnya ia pun menurut untuk pergi mondok ke Ponorogo, Jawa Timur.

Film berlatar pondok pesantren khusus laki-laki ini akan memberimu banyak inspirasi dan pandangan tentang pesantren. Selain itu, ada sebuah kalimat motivasi yang akan membuatmu terngiang-ngiang bahkan bisa memberimu semangat untuk berusaha lebih dalam meraih mimpi. Apakah itu? Silakan cari tahu sendiri, ya!

3. Dalam Mihrab Cinta

https://www.youtube.com/embed/rZdwlbgpsoA

Berikutnya ada film yang diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy. Film ini rilis di tahun 2010. Menceritakan tentang Syamsul yang dituduh mencuri oleh sahabatnya di Pesantren. Hingga membuat semua orang menjauhinya, bahkan orang tuanya yang kecewa tidak menerima Syamsul lagi.

Hingga ia bertekad untuk menjadi pencopet sungguhan. Namun, Allah memberikan Syamsul jalan keluar dari masalahnya yang suram itu sehingga mendapatkan pekerjaan yang layak.

Dari film ini kamu bisa mengambil pesan bila kita tidak benar-benar salah, maka akan ada jalan dan tempat yang baik untuk melanjutkan hidup.

4. Ketika Tuhan Jatuh Cinta

https://www.youtube.com/embed/cWqjpgmenPY

Keempat ada film yang sebenarnya bergenre drama. Namun, perjalanan hidup sang tokoh utama yang diperankan oleh Reza Rahardian akan memberikan kesan yang kuat di hati.

Film Ketika Tuhan Jatuh Cinta menceritakan tentang Fikri yang merupakan seorang pelukis pasir berbakat. Sayangnya ada banyak hal yang membuatnya sering dirundung masalah. Meski begitu Fikri tak pernah jauh dari Allah. Ia tetap menjalankan syariat agama Islam dengan tekun.

Melihat film yang rilis pada tahun 2014 ini akan memberimu kesan bila Tuhan mempunyai banyak cara untuk menunjukkan cinta-Nya kepada hambanya.

5. Mencari Hilal

Film ini sangat cocok untuk ditonton saat menjelang Ramadhan. Seperti mana yang kita tahu, dalam menentukan awal puasa, Indonesia mengikuti cara melihat hilal. Nah, di dalam film yang rilis pada tahun 2015 ini kamu bisa mendapatkan pelajaran mencari hilal.

Selain itu, hal yang membuat film Mencari Hilal menarik adalah sosok Kiai Mahmud yang mengritik pemerintah tentang anggaran untuk melihat yang menurut beliau terlampau mahal. Sehingga di usia senjanya beliau bertekad untuk mencari hilal dengan cara yang ia ketahui sejak di pesantren dulu. Demi membuktikan bahwa ibadah tak perlu menghabiskan uang banyak.

6. Ayat-Ayat Adinda

https://www.youtube.com/embed/RnD2KtKt7os

Terakhir adalah film yang menceritakan tentang Adinda, diperankan oleh Tissa Biani, yang berusaha untuk bergabung dengan tim qasidah sekolahnya. Namun, keinginan tersebut cukup sulit karena sang ayah yang melarang Adinda terlihat mencolok di sekitar. Sebab, selama ini keluarganya sering pindah rumah akibat dianggap sesat.

Menonton film Ayat-Ayat Adinda akan memberikan gambaran tentang perbedaan dalam menjalankan ibadah untuk agama Islam.

Film yang bernuansa islami memang sering sekali dibumbui dengan kisah romansa. Akan tetapi, masih ada beberapa film yang tanpa kisah romansa seperi enam film di atas yang bisa memberikan inspirasi dan pandangan baru tentang Islam.

Baca Juga: 15 Film Korea yang Bisa Kamu Tonton Bareng Keluarga Saat Lebaran Nanti

Arsya Naira Photo Community Writer Arsya Naira

Hanya manusia ciptaan Tuhan yang suka menulis sambil minum kopi. Instagram arsyanaira_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya