Comscore Tracker

Japanese Film Festival Hadir di Makassar, Simak Jadwalnya di Sini!

Menampilkan 14 film Jepang dengan beragam genre

Makassar, IDN Times - Japanese Film Festival (JFF) yang hadir di Indonesia sejak tahun 2016 kembali menyapa penggemar film di Makassar. The Japan Foundation akan menggelar JFF di CGV Panakkukang Square, pada 18-20 November 2022.

Selama festival, akan ditayangkan 14 film Jepang dengan takarir bahasa Indonesia dan Inggris. Tidak hanya memutar film, JFF menghadirkan program menarik lainnya terkait kebudayaan termasuk bahasa Jepang, serta kuliah umum mengenai film yang bisa dinikmati oleh penonton.

"Setelah sukses menyelenggarakan JFF di Jakarta dengan tingkat keterisian kursi mencapai 90%, dalam beberapa hari ke depan JFF akan menyapa para penggemar film di Makassar," bunyi siaran pers JFF yang diterima IDN Times, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: 10 Film Jepang Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Menang Oscar! 

1. Rangkaian penyelenggaraan JFF di tiga kota

Japanese Film Festival Hadir di Makassar, Simak Jadwalnya di Sini!Anime Supremacy!, salah satu film yang diputar di Japan Film Festival 2022. (TOEI)

Japanese Film Festival (JFF) 2022 digelar sejak 3 November hingga 4 Desember 2022. Penyelenggaraannya berurutan di Jakarta, Makassar, dan Bandung.

The Japan Foundation, penyelenggara JGG, merupakan lembaga nirlaba milik pemerintah Jepang yang khusus menangani pertukaran budaya internasional. Sejak 2016, mereka menggelar JFF di 10 negara Asia Tenggara dan Australia yang tergabung dalam JFF Asia Pacific Gateway. Di tahun 2017, India bergabung dan disusul Rusia pada tahun 2018.

Tahun 2019, JFF diselenggarakan di 56 kota di 12 negara dengan jumlah penonton mencapai 170 ribu orang. Tahun 2020, untuk pertama kalinya, JFF diselenggarakan secara daring dan situs JFF+ dirilis sebagai media utama yang menghadirkan film-film Jepang dalam bentuk penayangan film daring, artikel, dan komunitas.

2. Tidak sekadar pemutaran film

Di Makassar, JFF mengundang sutradara Indonesia, Yosep Anggi Noen, yang akan memberikan kuliah umum dengan tema The Science of Shorts dengan membahas peran film pendek Indonesia bagi industri film. Kuliah umum ini juga menjadi rangkaian dari kompetisi film pendek Digicon6 ASIA. Yosep Anggi Noen juga akan menghadiri pemutaran film INU-OH pada hari kedua festival.

JFF juga mengajak penonton untuk mengulas film yang telah ditonton melalui program Movie Review Challenge dengan mengisi worksheet sambil belajar bahasa Jepang. Penonton yang memberi ulasan akan mendapatkan merchandise menarik. Worksheet telah disediakan panitia secara on-site di meja/info desk atau bisa diunduh melalui situs JFF Indonesia.

Tak ketinggalan, Merchandise Hunt: STAMP RALLY hadir kembali dan bisa diikuti di semua kota penyelenggaraan JFF. Penonton bisa mengumpulkan semua merchandise eksklusif JFF tahun ini cukup dengan menonton film-film yang ditayangkan. Semakin banyak film yang ditonton, semakin banyak merchandise yang bisa didapatkan.

3. Harga tiket dan daftar film yang diputar

https://www.youtube.com/embed/z000q9qv3Sk

Untuk menyaksikan film-film di JFF edisi Makassar, kamu cukup membeli tiket seharga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. Tiket untuk JFF Makassar sudah dapat dibeli di seluruh sistem penjualan tiket CGV, baik offline maupun online. Informasi lebih lengkap soal daftar film yang diputar bisa kamu simak di laman resmi JFF Indonesia, www.japanesefilmfest.org.

Berikut ini daftar film dan jadwal pemutarannya pada JFF Makassar di CGV Panakkukang Square:

18 November 2022

  • 18:20 ANIME SUPREMACY!
  • 21:00 Under the Open Sky

19 November 2022

  • 11:00 INU-OH
  • 11:05 The Night Beyond The Tricornered Window
  • 13:20 And So the Baton Is Passed
  • 13:25 BLUE THERMAL
  • 15:55 Liar x Liar
  • 18:25 BLUE
  • 20:45 Lesson in Murder

20 November 2022

  • 11:00 INTOLERANCE
  • Step
  • Poupelle of Chimney Town
  • IN THE WAKE
  • And So the Baton Is Passed
  • Not Quite Dead Yet

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime Terbaik tentang Urban Legend

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya