Comscore Tracker

All-new BMW Seri 3 Meluncur di Makassar, Intip Tampilannya yang Sporty

Teknologi 'Laserlight' jadi salah satu fitur unggulan

Makassar, IDN Times - BMW Astra memperkenalkan varian baru sedan ‘sporty’ legendaris All-new BMW 320i Sport di Makassar, Sulawesi Selatan Rabu (23/10). Ini merupakan varian kedua BMW Seri 3 terbaru yang hadir di Indonesia di tahun 2019 setelah All-new BMW 330i M Sport lebih dulu diluncurkan pada bulan Agustus alu.

Seri 3 tergolong produk andalan BMW yang memasuki generasi ketujuh dan telah terjual 15 juta unit di seluruh dunia. Sejak generasi pertama diluncurkan pada tahun 1975, Seri 3 menghidupkan mobil jenis baru, yakni konsep sedan sport yang dinamis, efisien, dan inovatif.

“All-new BMW 320i Sport menghadirkan teknologi mesin dengan efisiensi terbaik di kelasnya, inovasi dalam hal kenyamanan, ‘driving assistance’ dan beragam inovasi lainnya yang menjadikan BMW Seri 3 tetap menjadi tolok ukur di segmennya,” kata Operation Manager BMW Astra Teguh Widodo pada acara peluncuran di Makassar, Rabu (23/10).

All-new BMW 320i Sport ditawarkan dengan harga Rp998 juta on the road Makassar. Penasaran dengan spesifikasinya? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Dibanderol hingga Rp2,3 Miliar, Ini Keunggulan The New BMW 7 Series 

1. Teknologi 'Laserlight' mampu menyesuaikan intensitas cahaya lampu utama

All-new BMW Seri 3 Meluncur di Makassar, Intip Tampilannya yang SportyIDN Times/Aan Pranata

BMW 320i Sport mempunyai fitur unggulan berupa pencahayaan utama dengan teknologi lampu laser atau Laserlight. Teknologi ini sebelumnya merupakan standar pencahayaan yang hanya hadir di BMW Seri 7. BMW juga satu-satunya yang menghadirkan fitur ini di segmen kendaraan premium ukuran sedang.

Kelebihan teknologi Laserlight adalah memanjakan pengemudi dengan senteran hingga 530 meter. Namun sebaran cahayanya tidak sampai menyilaukan pengendara dari arah berlawanan. Lampu dilengkapi sensor yang bisa menyesuaikan penerangan, yang intensitas cahayanya otomatis berkurang ketika ada sinar dari arah berlawanan. Saat mobil berbelok, daya pendar lampu juga otomatis melebar.

2. Tenaga lebih besar, namun tetap irit bahan bakar

All-new BMW Seri 3 Meluncur di Makassar, Intip Tampilannya yang SportyIDN Times/Aan Pranata

Mobil ini dilengkapi dengan mesin yang konon menghasilkan tenaga yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Unit 2.0 liter dan empat silinder ini menghasilkan tenaga maksimum 184 hp, dengan torsi puncak 300 Nm. 

Peningkatan output dan torsi tambahan dibandingkan dengan mesin pendahulunya hasil dari optimalisasi system mesin BMW TwinPower Turbo terbaru yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection direct petrol injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft timing. Sistem High Precision Injection memastikan pengukuran bahan bakar yang presisi dan pembakaran yang bersih, pompa bahan bakar yang baru menghasilkan tekanan maksimum 350 bar, sedangkan versi sebelumnya 200 bar. 

Sistem direct injection terbaru memungkinkan aliran bahan bakar yang optimal melalui ruang pembakaran dengan bahan bakar yang melewati proses atomisasi, dikirimkan oleh injektor bahan bakar multi-port yang semakin presisi. Kecepatan 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam 7.1 detik, hasil peningkatan efisiensi dengan konsumsi bahan bakar gabungan 15.9 km/l dan angka emisi CO2 144 g/km.

3. Garis eksterior dinamis dengan garis-garis mencolok

All-new BMW Seri 3 Meluncur di Makassar, Intip Tampilannya yang SportyIDN Times/Aan Pranata

BMW Seri 3 generasi terbaru mengusung karakter modern dan dinamis, dengan garis-garis kuat dan permukaan berkontur yang sangat mencolok. Sedan ini 76 mm lebih panjang dari pendahulunya, (4.709 mm), 16 mm lebih lebar (1.827 mm) dan hanya 1 mm lebih tinggi (1.442 mm). 

BMW kidney grille yang besar dan lampu-lampu depannya merupakan tema dominan di bagian ujung depan mobil. Perpecahan dua arah lampu tersebut yang familiar ditekankan oleh lekukan di apron depan yang naik ke kontur lampu. Baik lampu kabut depan LED maupun Air Curtains terintegrasi ke dalam air intake luar, yang berbentuk horizontal T. 

Tampilan sisi dinamis diperkuat oleh sepasang garis karakter dan kontur side skirt yang dinamis. Sedangkan Garis-garis horizontal dan lampu LED yang ramping dan bergaya memberikan bagian belakang soliditas yang lebar dan kekar. Tampilan samping kendaraan diperkuat dengan roda berukuran 18 inch tipe light alloy whells.

4. Kabin luas dengan panel yang terpusat memudahkan pengemudi

All-new BMW Seri 3 Meluncur di Makassar, Intip Tampilannya yang SportyIDN Times/Aan Pranata

Satu kesan yang langsung terasa saat memasuki kabin BMW 320i Sport: luas. Sedan ini didesain dengan fokus kokpit pada pengemudi, sehingga meningkatkan konsentrasi pengemudi pada jalan. 

Fitur pengontrol dikelompokkan ke dalam panel yang terstruktur dengan jelas. Tombol start/stop mesin kini terletak di panel kontrol yang baru dan berada di konsol tengah, di mana tuas perpindahan gigi atau tuas pemilih yang juga baru dirancang bergabung dengan iDrive Controller dan tombol-tombol untuk unit Driving Experience Control. 

Ruang yang diperluas untuk bahu dan siku di kursi depan serta ruang kaki tambahan, kenyamanan kursi, dan kemudahan akses masuk dan keluar, semua berkontribusi pada rasa lapang di interior. Selain itu, ruang bagasi 480 liter dan buka tutup otomatis dari All-new BMW Seri 3 menawarkan kenyamanan dan fungsionalitas kendaraan. 

5. Teknologi otonom mudahkan parkir kendaraan

All-new BMW Seri 3 Meluncur di Makassar, Intip Tampilannya yang SportyIDN Times/Aan Pranata

All-new BMW Seri 3 didukung sistem bantuan inovatif yang disempurnakan untuk keselamatan pengendara dan menyambut tren kendaraan otonom. Park Distance Control dan kamera tampak belakang membantu pengemudi melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir. Proses parkir yang lebih mudah juga hadir dengan adanya Park Assist, yang mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi dengan transmisi Steptronic saat masuk dan keluar slot parkir pararel dan lateral.

Fitur andalan terbaru salah satunya adalah Reversing Assistant, dimana All-new BMW Seri 3 dapat mundur kembali ke posisi semula secara otomatis dengan jarak 50 m, dengan rute yang sama saat bergerak maju. Fitur ini berguna saat pengendara menghadapi rintangan di depan dan harus kembali dengan posisi mundur. 

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Bingung Pilih MPV atau SUV? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You