Comscore Tracker

Windows 11 Segera Rilis, Ini Tanggal, Fitur, dan Kabar Terbarunya

Seperti apa tampilan versi terbaru sistem operasi Windows?

Raksasa perangkat lunak Microsoft bakal kabarnya bakal meluncurkan versi terbaru sistem operasi Windows pada 24 Juni 2021. Diyakini itu akan bernama Windows 11, meski di masa lalu perusahaan Amerika Serikat itu pernah menyatakan Windows 10 bakal menjadi “versi terakhir” dari sistem operasi mereka.

Pada teaser yang diunggah Chief Product Officer Microsoft Panos Panay di Twitter, ada isyarat angka 11 dalam animasi. Namun ada petunjuk lain bahwa OS terbaru mungkin bernama Window Sun Valley. Nama itu muncul baru-baru ini pada deskripsi meta HTML dari situs manajemen web aplikasi Windows, namun belakangan dihapus.

Terlepas dari namanya, berikut ini sejumlah hal yang perlu kamu ketahui tentang Windows 11 yang bakal segera datang, dirangkum dari tom’s guide.

Baca Juga: 7 Tablet Berbasis Windows Terbaik di 2020, Berkualitas Tinggi!

1. Kapan diluncurkan?

Windows 11 Segera Rilis, Ini Tanggal, Fitur, dan Kabar TerbarunyaUnsplash/heinrich_boll

Microsoft belum memastikan tanggal pasti perilisan Windows 11. Tapi mereka mengagendakan sebuah siaran langsung pada 24 Juni 2021, pukul 11 AM waktu AS.

Ada juga yang meyakini Microsoft baru akan meluncurkan Windowss pada tahun depan. Sedangkan yang diluncurkan waktu dekat adalah penyegaran dari Windows 10.

2. Tampilan tidak jauh beda dari Windows 10

Windows 11 Segera Rilis, Ini Tanggal, Fitur, dan Kabar Terbarunyatheverge.com

Menurut bocoran yang beredar di internet, tampak Windows 11 tidak jauh berbeda dari Windows 10. Tata letaknya masih sama seperti yang kita gunakan saat ini, namun dengan komposisi warna lebih segar.

Gambar yang bocor dari tahun lalu menunjukkan Microsoft menambahkan grafik penggunaan baterai ke aplikasi pengaturan Windows untuk membantu pengguna laptop dan tablet. Ada juga menu Start yang terpusat, serta Widget seperti Windows Vista yang memungkinkan pengguna melihat informasi berita, cuaca, lalu lintas, dan lainnya secara sekilas. 

Terlihat juga perombakan grafis dengan sudut membulat. Sedangkan logo Windows terlihat berubah jadi empat kotak berukuran sama dan sejajar.

Perubahan ini terlihat ringan, tapi tetap memicu reaksi di antara penggemar Windows. Banyak yang berharap kembalinya Widget disertai peningkatan performa.

Baca Juga: 7 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Windows 10, Ini Solusinya!

3. Kemungkinan bisa didapatkan gratis

Windows 11 Segera Rilis, Ini Tanggal, Fitur, dan Kabar Terbarunyapureinfotech.com

Menurut informasi di laman yang sama, Microsoft diharapkan memberlakukan kebijakan pembelian Windows 11 seperti halnya Windows 10. Diketahui, pengguna Windows 7 atau 9 bisa menerima upgrade gratis ke Windows 10.

Diyakini Microsoft menyadari bahwa kekuatan Windows adalah ada di mana-mana. Membuat banyak orang beralih ke OS terbaru bisa jadi langkah penting untuk menjalankan strategi bisnis yang lebih besar.

Baca Juga: Anti Lemot, 8 Cara Membuat Windows 10 Gesit di Laptop dan Komputermu

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya