Comscore Tracker

PSM vs Kalteng Putra, Tancap Gas Menuju Lima Besar!

Tuan rumah wajib waspadai motivasi berlebih sang tamu

Rabu 6 November 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 16.30 WITA

Makassar, IDN Times - Dua musim menjadi pesaing utama dalam pacuan gelar juara, PSM harus menerima nasib terjungkal ke papan tengah. Tengok saja klasemen sementara, di mana Wiljan Pluim cs harus berpuas hati dengan duduk di posisi ke-9. Namun seiring hari jadi ke-104 pada Senin (4/11), sebuah asa dipanjatkan: Juku Eja harus finis di lima besar.

Jika menghitung jarak, secara realistis misi 'tancap gas' ini memang bisa dijalani denga mulus. PSM hanya terpaut enam poin dari PSS Sleman yang saat ini menghuni peringkat kelima. Terlebih mereka punya 'tabungan' satu partai tunda tersisa, belum menghitung potensi Persebaya vs PSM yang batal pekan silam. Poin penuh pun dibidik dalam lanjutan pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019, saat PSM menjamu Kalteng Putra pada Rabu (6/11) sore.

Sementara itu, Kalteng Putra melawat ke Makassar sembari mengemas asa untuk lolos dari zona merah. Mereka masih berjuang keluar dari cengkeraman nasib buruk. Namun, motivasi berlebih adalah lecutan semangat terampuh. Bukan tak mungkin Laskar Isen Mulang bakal memberi terapi kejut kepada publik tuan rumah.

1. Pelatih kepala PSM, Darije Kalezic (kedua dari kanan), terbantu masa pemulihan yang sedikit lebih banyak

PSM vs Kalteng Putra, Tancap Gas Menuju Lima Besar!Sahrul Ramadan/IDN Times

Dalam sesi jumpa media pada hari Selasa (5/11) sore, pelatih kepala PSM yakni Darije Kalezic kembali mengingatkan bahaya yang acapkali mengiringi lawatan tim-tim penghuni papan bawah. Masih belum lekang dari memori pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 ketika Persija Jakarta berpesta di Mattoanging. Ia memperkirakan Kalteng Putra akan bermain rapat sembari mencari celah lewat serangan balik.

Selain itu, sosok berpaspor Swiss tersebut mengharapkan, PSM tampil fokus sepanjang 90 menit. "Oleh karena itu, saya juga berharap kita dapat mengorganisasikan pemain di belakang supaya lebih bagus. Baik saat kita tidak memiliki bola atau kehilangan bola. Saya juga berharap kepada semua pemain untuk selalu berpikir dalam hal pertahanan meskipun kita masih pegang bola," ujarnya.

Sektor belakang Pasukan Ramang sendiri kehilangan tiga pilar penting untuk durasi yang cukup lama. Alhasil coach Kalezic harus memaksimalkan stok yang terbatas. Beruntung batalnya partai Persebaya vs PSM pekan silam jadi keuntungan. Waktu pemulihan para pemain sedikit lebih banyak. Kaki-kaki yang lelah jalani jadwal padat akhirnya diberi kesempatan untuk beristirahat.

Baca Juga: Tak Ada Kejelasan Status dari Operator, Laga Persebaya vs PSM Batal!

2. Gomes de Olivera (tengah), juru taktik Kalteng Putra, berharap pada kepemimpinan wasit yang adil

PSM vs Kalteng Putra, Tancap Gas Menuju Lima Besar!IDN Times/Tunggul Kumoro

Dari kubu Kalteng Putra, Gomes de Olivera selaku juru taktik menyatakan kesiapan timnya jalani duel sulit. I Gede Sukadana dkk bertolak dari Palangka Raya berbekal motivasi bangkit. Hasil negatif 0-2 kala menjamu Persib Bandung pekan silam memberinya banyak pelajaran penting. Namun harapan coach Gomes untuk laga ini rupanya sederhana: tak ada pemain cedera dan wasit yang adil.

Laga terakhir kontra Pangeran Biru menjadi sorotan banyak pihak lantaran kinerja korps pengadil yang dianggap kurang tegas. Rasa kecewa berat masih belum menguap dari sang Brazileiro. "Harapan saya pasti wasit bisa tampil fair play nanti. Jadi nanti saya minta sama pemain dan suporter juga nanti jangan ada insiden apa pun di lapangan atau yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Laskar Isen Mulang sendiri melawat tanpa tiga pemain, yakni bek Kevin Gomes, gelandang bertahan Takuya Matsunaga dan penyerang Patrich Wanggai. Opsi rotasi di ketiga sektor telah disiapkan. Namun, potensi skema 3-4-3 menjadi defensif sejatinya terbuka lebar. Pertahanan berlapis bisa membuat lini serang PSM alami kebuntuan hingga kecolongan, sebuah hal yang mungkin dieksploitasi Kalteng Putra.

3. Juku Eja berhasil memenangi dua dari tiga pertemuan terakhir dengan Laskar Isen Mulang

PSM vs Kalteng Putra, Tancap Gas Menuju Lima Besar!PSSI.org

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Hasyim Kipuw, Taufik Hidayat; Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu; M. Rizky Eka Pratama, Amido Balde, Ezra Walian

Kalteng Putra (3-4-3)

Reky Rahayu; O.K. John, Rafael Bonfim, Wasyiat Hasbullah; I Gede Sukadana, Yan Pieter Nasadit, Fajar Handika, Elthon Maran; Maldini Pali, Eydison, Ferinando Pahabol

Baca Juga: Asa Kalteng Putra, Taklukkan PSM Makassar agar Keluar Zona Degradasi

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You