Comscore Tracker

Liga 1 Siap Bergulir Lagi, PSM Belum Tentukan Jadwal Latihan Pemain

Tim pelatih yakin para pemain tetap dalam kondisi prima

Makassar, IDN Times - Induk sepak bola nasional, PSSI, melalui Surat Keputusan Bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020 menyatakan bahwa seluruh kompetisi sepak bola di Indonesia akan kembali dilanjutkan pada bulan Oktober 2020.

"Kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akan dimulai pada Oktober 2020 dengan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah," papar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari laman Liga-Indonesia.id.

Respons positif juga ditunjukkan oleh PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. "Kerangka secara umum sudah kami buat dan kini tinggal menyesuaikan dengan surat keputusan tersebut. Lebih lanjut, kami juga merancang semuanya dan menyelaraskan dengan situasi dan kondisi saat ini," ujar Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT. LIB, Senin (29/6) lalu.

1. Tim pelatih PSM masih membahas kapan waktu yang tepat untuk kembali berkumpul

Liga 1 Siap Bergulir Lagi, PSM Belum Tentukan Jadwal Latihan PemainANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Kendati rencana melanjutkan Liga 1 2020 sudah mendapat lampu hijau dari PSSI dan PT LIB, PSM Makassar ternyata masih belum menentukan kapan seluruh penggawa Juku Eja kembali berkumpul dan berlatih bersama.

"Belum ada keputusan (tentang kapan latihan lagi). Masih dibicarakan oleh tim pelatih," jelas Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, kepada IDN Times pada Kamis (2/7) sore.

Seluruh pemain PSM sendiri telah menjalani program latihan mandiri di rumah masing-masing selama tiga bulan terakhir, atau sejak Liga 1 resmi ditangguhkan pada akhir Maret. Lebih jauh, seluruh pemain asing bahkan sudah tidak berada di Makassar.

2. Asisten pelatih yakin para pemain tetap berada dalam kondisi prima

Liga 1 Siap Bergulir Lagi, PSM Belum Tentukan Jadwal Latihan PemainLiga-Indonesia.id

Di sisi lain, asisten pelatih PSM yakni Herrie Setyawan menyatakan seluruh anak asuhnya sedang menunggu instruksi waktu kembali berkumpul. "Pasti sudah siap. Kami antusias sekali menerima kabar kelanjutan liga," ucapnya dalam keterangan tertulis.

Herrie turut menjamin bahwa para pemain dalam kondisi prima berkat program latihan mandiri yang sudah disusun oleh tim pelatih. "Ada program latihan yang kita distribusikan. Saya lihat, semua pemain menjalankannya," sambung Herrie.

Eks pelatih Persib Bandung dan PSM U-19 tersebut yakin status profesional sudah cukup menjadi dorongan bagi masing-masing pemain tetap menjaga kebugaran, bahkan tanpa pantauan dari Bojan Hodak beserta kolega.

Baca Juga: Status Liga Belum Pasti, Manajemen PSM: Kami Ikut Apa Kata Pemerintah

3. Kesehatan di masa pandemik dipandang sebagai faktor krusial dalam rencana melanjutkan Liga 1 musim 2020

Liga 1 Siap Bergulir Lagi, PSM Belum Tentukan Jadwal Latihan PemainDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

CEO PSM, Munafri Arifudin, sebelumnya menegaskan bahwa kesehatan menjadi masalah krusial jika kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut dihelat kembali. Pemain, pelatih hingga ofisial harus mendapat perhatian khusus. Tetap nekat di saat kondisi belum kondusif disebut punya potensi bahaya.

"(Memutar kembali kompetisi) bukan sebuah hal mutlak. Memang ada perencanaan, tapi kalau pada perkembangannya ternyata kurva (kasus positif) masih terus naik dan bukan melandai, perencanaan tinggal perencanaan. Tidak mungkin kembali memutar kompetisi jika ternyata hanya mengorbankan lebih banyak," tutur Appi' pada 2 Juni 2020 silam.

PSM telah menjalani tiga laga di Liga 1 2020 yakni kontra PSS Sleman (menang 2-1), Persita Tangerang dan Barito Putera yang sama-sama berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: Dampak COVID-19, PSM Makassar Tambah Libur bagi Pemain

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya