Comscore Tracker

Viral Video Orang Berdesakan di Wisata Titik Nol, ke Mana Petugas?

Kawasan wisata dipadati orang pada momen libur lebaran

Makassar, IDN Times - Beredar video orang berdesak-desakan di tempat wisata pada momen liburan lebaran. Kabarnya peristiwa itu terjadi di kawasan wisata Titik Nol Sulawesi, kawasan Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @makassar_iinfo, Minggu (16/5/2021), terlihat kepadatan orang antre menuruni tangga jembatan di tebing pantai. Sebagian orang tidak mengenakan masker di tengah kerumunan.

Di video itu terdengar suara seorang perempuan yang menyadari terjadi penumpukan orang. "Video dulu, video biar dilaporki toh," ucap perempuan itu.

Warganet merespons dengan beragam komentar. Ada yang menyindir kebijakan pemerintah soal larangan mudik, padahal di waktu yang sama tempat wisata dipenuhi orang.

"Pulkam dilarang, wisata sampai begini padatanya... Dimana titik adil pemerintah?," tulis akun @Raisyanurfauzia19.

"Intinya jangan mudik. Wisata kan boleh," tulis @4rifgunawan.

Baca Juga: Penyekatan Arus Mudik Lebaran di Sulsel Berakhir 17 Mei 2021

1. Orang berdesak-desakan karena tangga sempit

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Ali Saleng membenarkan soal video dan informasi yang beredar. Dia menyebut peristiwa itu pada masa libur lebaran, tepatnya Sabtu, 15 Mei 2021.

"Sore sekitar jam 5, ketika tiba-tiba ada rombongan salah satu komunitas yang terdiri ibu-ibu datang, pas ketemu pengunjung (yang) balik," kata Ali saat dihubungi, Senin (17/5/2021).

Ali menjelaskan, kejadian orang berdesak-desakan dalam video terjadi saat rombongan yang datang berpapasan dengan orang yang keluar dari jembatan. Karena jembatan sempit, penumpukan orang dan antrean panjang tak terelakkan.

"Pengunjung balik dari arah bawah, di ujung tangga sehingga terjadi kerumunan tapi setelah pengunjung dari bawah lewat, kembali normal," ucap Ali. 

2. Petugas lengah saat terjadi kerumunan

Viral Video Orang Berdesakan di Wisata Titik Nol, ke Mana Petugas?instagram.com/capten_potret

Ali tak mengelak bahwa petugas pengawasan dari Satpol PP Bulukumba lengah saat terjadi kerumunan yang videonya viral. Ali menyebut kondisi di lokasi saat itu memang sangat ramai. Orang-orang berdatangan memanfaatkan waktu libur di tengah kebijakan larangan mudik.

"Tapi tetap ada petugas yang mengawasi, kebetulan petugas kami lagi di bawah mengatur pengunjung," Ali menerangkan.

3. Dinas Pariwisata minta penambahan personel Satpol PP

Viral Video Orang Berdesakan di Wisata Titik Nol, ke Mana Petugas?Ilustrasi. Satpol PP Sleman saat melakukan patroli kerawanan. Dok: Satpol PP Sleman

Untuk mengantisipasi kerumunan serupa, Dinas Pariwisata Bulukumba mengusulkan penambahan petugas untuk mengawasi lokasi Titik Nol Sulawesi di Bira. Ali mengatakan usulan itu sudah disampaikan kepada aparat yang berwenang. 

"Kami akan minta tambahan bantuan personil dari Satpol," katanya.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Banjir di Sejumlah Daerah Sulsel

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya