Produk Pangan Asal Tiongkok yang Beredar di Makassar Dipastikan Aman 

BBPOM telah melakukan uji laboratorium

Makassar, IDN Times - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar memastikan produk pangan asal Tiongkok yang beredar di pasaran aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Kepala BBPOM Makassar Abdul Rahim mengatakan, telah melakukan uji laboratorium untuk memastikan kadar dan kualitas keamanan produk asal negeri Tirai Bambu tersebut.

"Memang kita uji (laboratorium) rutin kan. Untuk pastikan ada virus corona maupun tidak. Ini karena yang dari luar sekarang lagi marak. Dan sejauh ini tidak ada masalah terkait produk dari luar. Layak dikonsumsi," kata Abdul Rahim kepada IDN Times saat dikonfirmasi, Rabu (19/2).

1. Virus corona tidak bisa hidup pada produk pangan

Produk Pangan Asal Tiongkok yang Beredar di Makassar Dipastikan Aman IDN Times / Aan Pranata

Abdul Rahim mengatakan, virus corona tidak akan mampu menempel atau menjadi parasit pada produk pangan. Baik makanan hingga minuman. Uji laboratorium membuktikan, virus tersebut hanya mencari objek yang aktif, seperti manusia. Di bahan pangan, virus tersebut justru akan mati.

Produk pangan menurutnya telah dikemas sedemikian rupa dengan mempertimbangkan kadar kualitas keamanan untuk mencegah bakteri hingga virus yang dianggap dapat merusak.

"Dari benda mati bukan penyebarannya di situ. Virus ini kan dia punya kaki, jadi untuk hidup harus menempel di sel-sel yang hidup juga. Kalau misalnya dari bersin itu ada kemungkinan karena terkena kontak, tapi itu juga tidak bisa lama karena pasti akan mati di udara," jelas Abdul Rahim.

2. Bukan virus corona, justru bakteri yang dapat merusak produk pangan

Produk Pangan Asal Tiongkok yang Beredar di Makassar Dipastikan Aman Petugas BBPOM dalam sidak di sejumlah toko parsel di Jalan Bulukunyi Makassar, Senin (16/12). IDN Times/Sahrul Ramadan

Ibrahim menyebut, faktor yang mampu mempengaruhi kesehatan produk pangan impor justru adalah bakteri, bukan virus corona. Bakteri yang terkandung dalam beragam jenis produk pangan dianggap perlu diwaspadai meskipun tidak begitu berbahaya.

"Karena bakteri itu ada yang merusak makannya ada juga bakteri patogen yang membawa penyakit termasuk merusak tubuh," ungkap Abdul Rahim.

Virus corona, ditekankan Abdul Rahim, tidak akan mampu bertahan di dalam produk pangan. Hasil uji laboratorium membuktikan, kandungan yang terdapat dalam beragam sumber produk pangan impor khususnya Tiongkok, layak dikonsumsi.

Baca Juga: BPOM Makassar Banyak Temukan Produk Tak Layak Makan di Parsel Natal

3. BBPOM Makassar intens uji laboratorium produk pangan impor lainnya

Produk Pangan Asal Tiongkok yang Beredar di Makassar Dipastikan Aman Petugas BBPOM dalam sidak di sejumlah toko parsel di Jalan Bulukunyi Makassar, Senin (16/12) IDN Times/Sahrul Ramadan

Lebih lanjut kata Abdul Rahim, selain produk pangan asal Tiongkok, pihaknya juga intens menguji keamanan dan kelayakan sejumlah produk pangan impor lainnya. Uji laboratorium kimia sumber pangan, menjadi dasar produk pangan lainnya aman dikonsumsi masyarakat.

Selain itu, BBPOM Makassar juga mengimbau agar masyarakat tidak khawatir menyoal rumor bahwa virus corona menjadi parasit di dalam produk pangan impor.

"Yang jelas kita intensifkan pengawasan produk impor. Kita harus pastikan mutunya bagus, keamanannya baik dan manfaatnya juga ada dan layak dikonsumsi," ucap Abdul Rahim.

Baca Juga: BPOM Rilis Daftar Obat Lambung Pengganti Ranitidin

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya